Prosesi Manusuk Sima di Candi Lor Nganjuk Jadi Peringatan Hari Jadi Nganjuk ke-1087

NGANJUK – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Nganjuk ke-1087, Komunitas Pecinta Sejarah Nganjuk (kotasejuk) menggelar Upacara Manusuk Sima di Candi Lor Nganjuk, pada Minggu (21/04/2024).

Prosesi Manusuk Sima merupakan prosesi pemberian tanah perdikan yang dahulu diberikan oleh Mpu Sendok kepada Mpu Anjuk Ladang. Prosesi ini melambangkan pembebasan pajak dan memiliki makna penting dalam kehidupan masyarakat Nganjuk.

Bacaan Lainnya

Upacara Manusuk Sima ini bukan hanya sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur, tetapi juga menjadi bagian yang sangat penting dalam peringatan Hari Jadi Nganjuk ke-1087.

Sebagaimana Hari jadi Nganjuk didasarkan pada Prasasti Anjuk Ladang atau dikenal dengan Jayastamba yang mencatat prosesi Manusuk Sima. Prasasti ini bukan hanya menjadi bukti sejarah, tetapi juga menguatkan bukti tradisi budaya dalam perayaan tersebut.

Saat ditemui di Lokasi, Andika Kaka Naka, pemeran Mpu Sendok, menyampaikan perasaannya, “Saya sangat senang dan bangga, terlebih sebagai putra daerah Nganjuk yang dapat memerankan tokoh bersejarah di Nganjuk. Untuk Salah satu kesulitan dalam memerankan Mpu Sendok adalah harus menyamakan diri dengan tokoh aslinya. Namun, dengan bimbingan dari senior dan ahli sejarah Nganjuk, lambat laun Saya bisa memahami peran tersebut dengan baik.” Ungkapnya.

Keturunan ke-5 Bupati Nganjuk, Yudi, mengharapkan agar penetapan hari jadi Nganjuk oleh Pemkab Nganjuk dilakukan dengan ketegasan agar acara Manusuk sima ini dapat diadakan dengan meriah setiap tahunnya.
Yudi juga menyatakan kekecewaannya karena Pemkab tidak menyelenggarakan Manusuk Sima ini, padahal seharusnya menjadi tanggung jawab Pemkab tetapi dilaksanakan oleh komunitas Kota Sejuk dan trah dari Bupati.

“Saya merasa kecewa karena Pemkab tidak menyelenggarakan Manusuk Sima ini, padahal seharusnya menjadi tanggung jawab Pemkab, tetapi ini dilaksanakan oleh komunitas Kota Sejuk dan trah dari Bupati,” Ujar Yudi.

(Sov)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *