Ketua KPU Nganjuk Jelaskan Tahapan Tugas PPS

Nganjuk, KabarNganjuk.com – Sebanyak 852 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 yang telah lolos seleksi, hari ini dilantik dan diambil sumpah di GOR Bung Karno Begadung Nganjuk, Selasa (24/1/2022).

Pujiono selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nganjuk menyampaikan, selain pelantikan, Panitia Pemungutan Suara (PPS) juga diberikan bimbingan teknis untuk tugas kedepannya.

Bacaan Lainnya

“Jadi semacam pembekalan bagi anggota PPS terkait dengan tugas, kewajiban dan wewenangnya. Termasuk juga beberapa kegiatan yang harus dilaksanakan PPS selama kurang lebih dua minggu kedepan” jelasnya. 

“Yang pertama langsung membentuk sekretariat, kemudian rekrutmen pantarlih (Petugas Pendaftaran Pemilih), kemuadian PPS melakukan verifikasi faktual calon anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah)” lanjut Pujiono. 

Ia juga menyampaikan bahwa dari 852 PPS tersebut terbagi dari 284 desa kali 3. “Jadi PPS dari setiap kelurahan ada 3 dari masing-masing desa atau kelurahan ditambah sekretariatan dengan sekretaris dan staff 2 orang jadi 3. Jadi total penyelenggara pemilu di desa ada 6 orang” tutur Puji. 

Sementara, Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi yang turut hadir dalam acara ini meminta PPS yang dilantik hari ini untuk belajar, utamanya terkait pemilu. “Informasi-informasi, peraturan-peraturan yang berkaitan dengan pemilu, utamanya PKPU No. 8 tahun 2022”. 

“Saya betul-betul berharap, semua PPS yang dilantik hari ini betul-betul menguasai, karena masyarakat nanti pasti akan ingin tau soal Pemilu, dan orang nganjuk semakin lama semakin banyak orang yang pintar, cerdas dan kritis. Termasuk menjadi syarat PPS untuk mengerti regulasi” pungkasnya. 

 

Tim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *