Klenteng Hok Yoe Kiong Gelar Upacara Sun Sheng Jelang Tahun Baru Imlek

KabarNganjuk.com – Klenteng Hok Yoe Kiong, yang terletak di Kelurahan Sukomoro, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, pada hari ini menyelenggarakan upacara Sun Sheng. Upacara ini merupakan saat penghantaran Dewa-Dewi menuju kehadiran Yang Maha Kuasa di Nirwana.

Upacara ini merupakan bagian dari tradisi rutin tahunan yang dipersiapkan menjelang perayaan Imlek. Setelah Dewa-Dewi diantar ke Nirwana, tugas selanjutnya jatuh pada petugas untuk membersihkan patung dan benda-benda lain yang berada di dalam klenteng.

Bacaan Lainnya

Upacara diikuti oleh beberapa orang dilaksanakan dengan khidmat, prosesi upacara melibatkan pembakaran hio dan kertas sebagai sarana untuk mengantar Dewa menuju Nirwana.

Subastian Wisan, Bagian Kerohanian mengatakan “kami dari umat klenteng bulan 12 imlek, tanggal 24 imlek, Tahun 2574, Tahun kelinci air.Kita hari ini melakukan upacara shun sheng, upacara untuk mengantar para Dewa Dewi untuk menghadap ke TuhanYME untuk kembali ke Nirwana,” ucapnya

Lebih lanjut dikatakan Subastian “setelah upacara shun sheng ini, biasanya kita melanjutkan dengan upacara bersih-bersih klenteng termasuk kita menurunkan patung-patung untuk dimandikan dengan air kembang,” tuturnya

Klenteng Hok Yoe Kiong berencana hari minggu akan melakukan pembersihan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *