Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Desa Margopatut Sawahan

KabarNganjuk.com- Pancasila adalah ideologi bangsa serta menjadi dasar negara seperti yang telah ditetapkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD-45), maka Pancasila sebagai dasar negara Indonesia bersifat final dan mengikat bagi seluruh warga Negara Indonesia .

 

Pancasila juga menjadi salah satu Pilar Kebangsaan selain UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Pancasila semata-mata untuk menjelaskan adanya dasar Negara yang menjadi ideologi Negara serta menjadi tolak ukur dan landasan dari pilar-pilar yang lain.

 

Sosialisai empat Pilar Kebangsaan juga dilakukan untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang pentingnya Empat Pilar tersebut. Salah satu sosialisai yang dilakukan di Gedung Pertemuan Desa Margopatut Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk, Sabtu (6/8/22) oleh Anggota DPRD Jawa Timur Komisi E dari Fraksi PDI Perjuangan Ida Bagus Nugroho S.H.

Sosialisai yang mengambil tema “Pemahaman dan Penguatan Ideologi Pancasila Bagi Generasi Muda” ini juga dihadiri Camat Sawahan Sukirno, Kepala Desa Margopatut Sholikin, Jajaran DPC PDI Perjuangan dan Kapolsek serta Danramil setempat. Selain Ida Bagus Nugroho, Sosialisai ini juga mendatangkan narasumber lain di Bidang Hukum.

 

Dalam sambutanya, Ida Bagus Nugroho menyampaikan, betapa pentingnya Ideologi Pancasila, karena sebagai warga Negara Republik Indonesia, harus memiliki pemahaman yang luas ,kader-kader PDI Perjuangan teruma yang muda-muda,adalah garda terdepan untuk Kebangkitan NKRI, Ranting dan PAC adalah ujung tombak, jangan hanya dibutuhkan,dan kegiatan seperti ini harus rutin diadakan, agar konsolidasi berjalan dengan baik.

 

“Masyarakat harus memiliki wawasan tentang Pancasila yang luas karena Pancasila sebagai tolak ukur kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Ia menegaskan pada anak-anak muda, kader-kader muda utamanya kader PDI-P yang hadir dalam sosialisai itu untuk menjadi garda terdepan pengukuhan pancasila sebagai ideologi negara yang tercantum dalam Empat Pilar Kebangsaan Indonesia”, Ucap Ida Bagus.

 

Ia juga menegaskan pada kader-kader yang hadir untuk terus solid antar sesama kader partai saat menyambut Tahun Politik 2024 nanti.

 

“Mari kita sambut tahun Politik di 2024 nanti dengan antusiasme tinggi. Alangkah baiknya kalau kita punya DPR sendiri khususnya dari parta PDI-P. Kta juga harus saling bahu-membahu dan bersama-sama membesarkan parti. Karena kader muda adalah harapan partai di masa depan” harap Ida Bagus.

 

Sukirno selaku camat Sawahan mengajak untuk bersama-sama saling mengingatkan, menyampaikan keluhan-keluhan masyarakat dan kerja sama untuk membangun Kecamatan Sawahan menjadi lebih baik.

 

(Red/Dyh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.