Polres Nganjuk Terus Maksimalkan Penyekatan Hewan Ternak Guna Cegah PMK

KabarNganjuk.com –  Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson S., S.H., S.I.K., M.H. mengintruksikan anggota yang bertugas di pos penyekatan untuk lebih maksimal dalam memeriksa hewan ternak yag melintas di perbatasan.

Sebagaimana disampaikan Kabagops Polres Nganjuk Kompol Abdul Rokib, hal ini dilakukan guna mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di masa Idul Adha.

Bacaan Lainnya

“Sebagaimana instruksi Kapolres Nganjuk agar fungsi pos penyekatan lebih dimaksimalkan untuk Idul Adha. Hal ini mengingat tingginya frekuensi kendaraan yang mengangkut hewan ternak dari satu daerah ke daerah lain menjelang hari penyembelihan hewan kurban,” kata Kompol Abdul Rokib saat memeriksa kesiapan personel dan alat pendukungnya di pos penyekatan perbatasan Nganjuk-Bojonegoro di Kecamatan Rejoso, Jumat (8/7/2022).

“Apabila ditemukan hewan yang terindikasi dijangkiti PMK kembalikan ke daerah asalnya untuk mencegah masuknya PMK diwilayah kita,” ujarnya.

Kompol Abdul Rokib juga mengingatkan anggota satgas yang tergabung di pos penyekatan, baik dari Polri, TNI, maupun Dinas Pertanian untuk melakukan penyekatan dengan humanis.

“Lakukan pemeriksaan dengan cara yang humanis dan jangan bertindak arogan kepada masyarakat yang sedang mengangkut hewan ternaknya serta jaga kekompakan,” kata Kompol Abdul Rokib.

Adapun titik penyekatan Polres Nganjuk, yakni Kertosono (perbatasan Nganjuk-Jombang), Desa Sambikerep (Nganjuk-Bojonegoro), Desa Wilangan (Nganjuk-Madiun), dan Desa Cerme (Nganjuk-Kediri).(hms)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.