ABMI Korwil Nganjuk Hearing Komisi II DPRD, Ini Yang Dipersoalkan

KabarNganjuk.com-Banyaknya persoalan yang muncul di kalangan petani bawang merah, membuat ABMI kuwalahan, Asosiasi petani Bawang Merah Indonesia Korwil Nganjuk ini melakukan hearing dengan Komisi II DPRD Kabupaten Nganjuk.

Persoalan yang diangkat antara lain, anjloknya bawang merah yang disebabkan panen raya, perluasan lahan yang dirasa tidak perlu lagi ditingkat petani, tidak adanya jadwal penanaman di tingkat petani, dan perlunya cold storage sebagai bentuk tunda jual petani disaat harga anjlok.

Hal itu dikatakan Imam Suhadi salah satu pengurus ABMI usai hearing tertutup bersama Komisi II, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, di ruang rapat Komisi  II pada Kamis (09/11/2023)

Imam dan kawan – kawan meminta kepada pemerintah untuk memberikan proteksi kepada petani bawang merah, agar tidak merugi dikala panen raya, sebab dengan murahnya harga bawang merah, pembelian tengkulak dan pedagang di tingkat petani sangat rendah, hal itu menyebabkan kerugian petani karena tidak dapat menjual hasil panen mereka.

Sementara itu Basori Ketua Komisi II DPRD kabupaten Nganjuk, saat hearing mengatakan, pihaknya minta kepada OPD terkait untuk melakukan study banding di daerah sentra bawang merah yang berhasil melakukan tunda jual bawang merahnya agar Nganjuk bisa study tiru dalam penanganan pasca panen bawang merah.

Hal itu dibenarkan akat ketua ABMI Korwil Nganjuk, bahwa akan melakukan study banding ke daerah yang sukses melakukan tunda jual, lebih lanjut dirinya mengatakan, bahwa, hari ini kami mengadopsi apa yang menjadi keluhan petani bawang merah saat ini, tidak imbangnya suply and demand  mengakibatkan panen petani tidak terserap.

Karenanya menurut Akad, petani harus meminimalisir biaya produksi diantaranya dengan penerapan teknologi yang tepat guna, bagaimana pengendalian hama yang baik, bagaimana cara produksi yang baik terutama penggunaan pupuk organik dan lain sebagainya itu merupakan strategi petani yang harus kita lakukan (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *