Program Wirausaha Merdeka, Politeknik Universitas Jember Gandeng Mitra Sultan Farm

Jember, KabarNganjuk.com- Selain pengetahuan, mahasiswa juga diharapkan memiliki keterampilan maupun dukungan dasar bisnis, manajemen, sistem pemasaran maupun strategi pengembangan usaha.

Edukasi kewirausahaan mahasiswa secara komprehensif didapatkan melalui bimbingan tehnis pengembangan diri dengan penekanan yang terfokus pada aspek bisnis serta manajemen, menjadi arah Program Wirausaha Merdeka.

Membangun sinergitas kewirausahaan antara mahasiswa dengan masyarakat, merupakan mindset yang terus dikuatkan untuk menghadapi globalisasi ekonomi.

Politeknik Negeri Jember, salah satu perguruan tinggi negeri yang melaksanakan program wirausaha merdeka, telah mendorong mahasiswa menjadi agent of change atau agen perubahan, sangat berpotensi terciptanya kemampuan yang besar dalam membantu pengembangan dan peningkatkan kualitas ekonomi masyarakat.

Tidak hanya sebatas agen perubahan, mahasiswa juga sangat diharapkan menjadi agent of driven atau agen penggerak dalam mendapatkan solusi dengan inovasi sebagai upaya membuka lapangan pekerjaan melalui peluang dan perkembangan bisnis mahasiswa, serta sebagai agent of creator atau agen pelopor dengan tujuan menumbuhkan potensi kewirausahaan baru.

Pelaksanaan program wirausaha merdeka politeknik Universitas Jember dengan salah satu agen usaha Mitra Sultan Farm Jember, bisa dimaknai sebagai simbiosis mutualisma antara lembaga pendidikan tinggi dengan masyarakat yang menjadi pelaku atau pengembang usaha.

Dalam program tersebut, mahasiswa politeknik Universitas Jember bisa memperoleh pengalaman praktis dengan belajar di lapang atau luar kampus untuk mengembangkan ilmu kewirausahaan dengan penelitian dan inovasi.
Sedangkan bagi Mitra Sultan Farm Jember, dalam program wirausaha merdeka, lembaga akademis dengan mahasiswanya menjadi mitra yang sangat membantu, baik kemanfaatan dari tehnik maupun managemen.

Diperolehnya kemanfaatan yang sama atas terbangunnya sinergitas antara perguruan tinggi dengan pengusaha ternak domba, Januar Adie pemilik Mitra Sultan Farm Jember
mengungkapkan bahwasanya di peternakan domba miliknya yang berlokasi di jalan Kaliurang, Jember Jawa Timur saat ini menjadi tempat magang bagi mahasiswa dari dua perguruan tinggi yang ada di Jember.

“Di peternakan kami, Mitra Sultan Farm Jember memang ada 13 peserta yang mengikuti magang untuk program wirausaha merdeka, baik dari Politeknik Negeri Jember maupun dari Universitas Muhammadiyah Jember,” ungkap Januar Ade pada saat ini memiliki 119 ekor domba, sangat mendukung program petani muda.

“Dengan terjalinnya kemitraan melalui program pemagangan bagi mahasiswa, pastinya sama – sama berharap untuk mendapatkan kemanfaatan, baik kami dari Mitra Sultan Farm maupun untuk mahasiswa,” pungkasnya.(Ans)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *