Diterjang Puting Beliung, Rumah Warga Di Baron Roboh

Camat Baron, Pemdes Mabung Bersama Koramil 0810 Baron, Tanggap Bencana Adanya Rumah Roboh

KabarNganjuk.com- Rumah salah satu warga di Desa Mabung RT: 02 RW: 03  milik Katimin ( 65 ), berukuran keseluruhan 5 X 11 meter, sedangkan yang ambruk diterjang angin puting beliung bagian depan berukuran 5 X 5 meter. Rumah tersebut  dihuni sebanyak 9 jiwa.

Bacaan Lainnya

Mengetahui adanya bencana yang menimpa keluarga Katimin,  Camat Baron bersama Kepala Desa Mabung di bantu TNI dari Koramil 0810 Baron dan beberapa warga setempat, lakukan pembongkaran dan pembersihan rumah yang ambruk terkena angin puting beliung sekira pukul 17.00 WIB 04/11/2023. Rencananya akan di lakukan perehaban.

Disela – sela pembongkaran rumah dan rencana akan direhab, Gunawan Wibisono selaku Camat Baron didampingi Kepala Desa Mabung Putut Prianto, ditemui di lokasi pembongkaran, bersama semua Anggota Koramil 0810 Baron, menjelaskan, bahwa pada hari ini bersama anggota Koramil Baron, Kades Mabung dibantu warga, melakukan pembongkaran rumah yang rencananya akan dilakukan pembenahan, yang mengalami roboh separoh karena diterjang angin puting beliung pada sore sekira pukul 17. 00 wib ( 03/11/2023) ” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Gunawan, bahwa rumah tersebut kondisinya sudah rapuh, di tambah angin kencang pada saat itu, sehingga terjadi roboh sebagian ” jelasnya.

” Kejadian yang menimpa rumah milik Pak Katimin ini sangat membutuhkan uluran dan bantuan dari berbagai pihak, karena dengan adanya kejadian tersebut, mengalami kerugian kurang lebih 25 juta, dan kami kerja sama dengan aparat Pemerintahan Desa, rekan – rekan Kecamatan, Koramil Baron, juga dibantu warga, sebagai langkah awal kita melakukan kebersihan, sebelum nanti ditindak lanjuti dari Dinas terkait ” ungkapnya.

” Ini dana swadaya dari Pemerintah Desa untuk melakukan penanganan awal, selanjutnya laporan – laporan sudah kami laporkan kepada Bapak Bupati dan dinas – dinas terkait di Pemerintahan Kabupaten Nganjuk, dan selanjutnya kami akan mengantisipasi dampak dari perubahan iklim, dan juga bencana hidro metrologi, yang dimana setiap tahun wilayah kami wilayah Baron, merupakan jalur angin, dan setiap tahun pasti ada kejadian angin besar ” pungkasnya.

Sedangkan Putut Priyanto selaku Kepala Desa Mabung mengatakan bahwa, pihaknya untuk saat ini bekerja sama dengan Pemerintah dan juga dari Kecamatan, masyarakat juga Koramil Baron, melakukan pembersihan puing – puing reruntuhan rumah warga yang roboh terkena angin, dan kejadian seperti ini hampir setiap tahun ” jelasnya.

” Selama ini Pemerintah Desa kerja sama dengan Kecamatan dan Dinas terkait, kita sudah membuat surat tembusan ke Dinas Sosial, Perkin juga BAS, kemarin dari Kecamatan di share di grup WhatsApp , kami Pemerintah Desa, terkait dengan hasil BMKG, untuk mengawali musim penghujan ini ada puting beliung, dan kita juga sudah antisipasi untuk pohon – pohon yang mudah roboh di depan rumah warga, untuk segera ditebang ” himbau Kades Mabung.

( red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *