Cek Pasokan & Harga Bahan Pangan, Gubernur Jatim & Plt. Bupati Kunjungan Ke Pasar Wage

KabarNganjuk.com- Cek pasokan dan harga bahan pangan di Jawa Timur, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kunjungan ke Pasar Wage, Rabu (5/4/2023) pagi.

Dalam kunjungannya Gubernur Khofisah yang didampingi Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi melakukan dialog dengan pedagang secara langsung, untuk mengetahui harga hingga ketersediaan stok bahan pangan.

Gubernur Khofifah mengatakan, bahwa suplai serta ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Nganjuk seluruhnya dalam kondisi cukup dan aman hingga nanti jelang lebaran. Terlebih, harga yang ditawarkan pedagang lebih rendah dari pada Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Saya melihat, pertama daging (per kilogram), HET-nya Rp 140ribu, di Pasar Wage dijual Rp 115ribu. Kemudian daging ayam potong, HET-nya Rp 37.000, di sini Rp 29ribu – Rp 30ribu,” tuturnya.

Lebih lanjut Khofifah mengatakan, harga telur yang dijual oleh pedagang juga di bawah HET. “HET-nya Rp 27ribu hingga Rp 28 ribu, sedangkan di sini Rp 26ribu. Saya melihat harga cabai dan bawang juga turun,” ungkapnya.

Sedangkan untuk beras di pasar wage ini banyak ditemukan beras premium. Khofifah meminta kepada Bupati agar ada beras medium yang dijual, Hal itu dilakukan untuk menjangkau masyarakat lapisan bawah.

“Kalau beras premium, pasti harganya Rp 12 ribu ke atas. Tapi kalau beras medium, rata-rata Rp 10.400. Ini untuk menjangkau daya beli masyarkat,” ungkapnya.

Sementara, Plt Bupati Nganjuk memastikan bahwa stok bahan pangan di Kabupaten Nganjuk aman terkendali, Pihaknya akan memantau terus perkembangan harga di pasar tradisional.

Menyikapi kurangnya ketersediaan beras medium di pasaran, Marhaen menjelaskan bahwa pihaknya akan segera berkoordinasi untuk mengatasi hal tersebut. “Kami akan tindak lanjuti masukan dari Ibu Gubernur,” pungkasnya.(red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar