Sebagai Desa Model DRPPA, SAPA MAMA Candirejo Dapat Kunjungan dari Dinsos Kota Madiun

Loceret, KabarNganjuk.com- Desa Candirejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk menjadi desa Model atau Percontohan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Pada Selasa (29/11/2022) Desa Candirejo kedatangan tamu dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Madiun. Kunjungan tersebut bertempat di Rumah Sekolah Perempuan, Anak dan Masyarakat Marginal (SAPA MAMA) Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.

Hadir dalam acara tersebut Kepada Dinas Sosial Kabupaten Nganjuk Nafhan Tohawi, Kepala Desa Candirejo Rony Giat Brahmanto, Camat Loceret Nur Binti dan Forpimdes Candirejo.

Kepala Desa Candirejo Rony Giat Brahmanto dalam sambutannya mengatakan bahwa didirikannya SAPA MAMA untuk memunculkan anak-anak yang kreatif, inovatif dan cerdas di Desa Candirejo.

“Desa Candirejo adalah salah satu desa dari 6 se-Kabupaten Nganjuk yang di amanahi untuk ikut program Sekolah Perempuan, Anak dan Masyarakat Marginal (SAPA MAMA) Kabupaten Nganjuk” ucap Rony.

Ia juga menjelaskan manfaat SAPA MAMA untuk masyarakat. “Program ini bermanfaat bagi kegiatan desa, termasuk juga yang sudah kerjasama dengan SAPA MAMA seperti Posyandu. Selain itu murid-murid SAPA MAMA juga berhadapan langsung dengan masyarakat. SAPA MAMA juga telah bekerjasama dengan RSJ (Rumah Sakit Jiwa) sehingga mereka yang mengalami gangguan jiwa bisa dirujuk kesana melalui SAPA MAMA dengan lebif fleksibel dan cepat” jelas Rony.

Rony berharap Program SAPA MAMA ini mendapatkan kepedulian dari Pemerintah khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi selalu ketua rombongan menyampaikan terimakasihnya atas sambutan selamat datang yang diberikan.

Pihaknya juga menyampaikan maksud dan tujuannya bertandang ke Kabupaten Nganjuk. “Kami melaksanakan Study Tour sekaligus silahturahmi untuk mengetahui Penerapan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) di Kabupaten Nganjuk,” ucapnya.

Dirinya berharap Kota Madiun juga bisa menerapkan DRPPA “Harapan kita seluruh kelurahan di tiga kecamatan Kota Madiun bisa menerapkan seperti apa yang sudah ada di Kabupaten Nganjuk ini,” harapnya.

“Semoga kegiatan silaturahmi dan Study Tour ini bisa mempererat kerja sama dan koordinasi antara Kota Madiun dan Kabupaten Nganjuk,” Pungkasnya.

Reporter: Dyah

Editor: Siti Nur Kholifah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *