Kepala Dispendik Nganjuk Sopingi Launching Kemah Moderasi di Desa Bajulan

KabarNganjuk.Com – Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Nganjuk gelar Kemah Moderasi guna membangun kehidupan yang harmonis antar umat beragama.

Acara tersebut dilaunching langsung oleh Sopingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk serta dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Afif Fauzi, PLT Camat Loceret, Forkopimcam Loceret, Kepala Desa Bajulan, serta tamu undangan lainnya di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Senin (12/09/2022).

Bacaan Lainnya

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Afif Fauzi menjelaskan, Kegiatan ini dilaksanakan guna untuk menciptakan kehidupan yang harmonis antar umat beragama. “Bagaimana kehidupan harmonis di Indonesia itu bisa berjalan dengan baik, bisa hidup rukun meskipun berbeda keyakinan,” katanya.

Dikesempataan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk Sopingi mengapresiasi Kegiatan ini karena bertujuan untuk menyatukan segala komponen bangsa.

“Kalau masyarakatnya rukun, insyaallah kita membangun akan gampang, tapi kalau dibawah masyarakatnya tidak rukun energi kita akan habis untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut,” kata Sopingi.

Sopingi juga berharap kedepannya kegiatan ini tidak hanya sekedar simbolis. “Bisa sampai ke masyarakat bahwa kita ini dalam beragama memang harus saling hormat-menghormati,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Agama menggelar Kemah Moderasi se-Jawa Bali dengan mengusung tema Membangun Harmonis dalam Kehidupan Sosial yang diikuti penyuluh lintas agama di UBAYA Training Center (UTC) Desa Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Sedangkan di Kabupaten Nganjuk sendiri kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret dengan mengusung tema membangun perpaduan semangat kesatuan dan kecintaan bangsa menuju era kebersamaan dan sosial.

 

Reporter: Aditya

Editor: Nur Kholifah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.