Dinsos Nganjuk Berdayakan Masyarakat dengan Cafe SKA Kartini

KabarNganjuk.com – Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi launching Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan sekaligus melauncing Cafe Sentra Kreasi Atensi (SKA) Kartini Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Kamis (11/8/22).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Sentra Terpadu Balai Besar Kartini Temanggung dari Kementrian Sosial Rachmat Koesnadi, perwakilan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Nganjuk Yuni Marhaen, dan sejumlah karyawan dari Dinsos PPPA.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Sosial Kab. Nganjuk Nafhan Tohawi mengucapkan terima kasih atas bantuan dan suport dari Sentra Terpadu Kartini Temanggung sehingga SKA Kartini ini bisa di launcing.

“Terimakasih atas suport dan bantuan yang diberikan Sentra Terpadu Kartini Temanggung, sehingga Dinsos PPPA Kab. Nganjuk hari ini dapat melauncing Cafe SKA Kartini”, Kata Nafhan Tohawi.

Sementara itu, Kang Marhaen mengatakan Dinas Sosial tidak hanya menampung masalah tapi juga memberikan solusi dari masalah-masalah yang terjadi di masyarakat.

“Selain menampung masalah, Dinas Sosial Kabupaten Nganjuk juga bisa menyelesaikan masalah, apalagi dengan keberadaan cafe ini merupakan satu-satunya yang ada di Jawa Timur”, Ucap Kang Marhaen.

Kang Marhaen juga menjelaskan bahwa Salah satunya pemberdayaan masyarakat yang diwujudkan kali ini mengembangkan skill dengan memberi pelatihan, memberi ruang juga modal.

Ia juga mengibaratkan tugas Dinas Sosial disini bukan hanya memberikan hasil, tapi juga memberikan alat untuk bisa berdaya saing.

“Bukan hanya memberi ikan, tapi juga memberikan pancing” katanya.

Disela – sela peresmian,  Plt. Bupati Nganjuk ini menyerahkan bantuan berupa uang tunai dan kursi roda kepada penyandang disabilitas, PMI, lansia miskin, siswa miskin dan lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sentra Terpadu Balai Besar Sosial Kartini Temanggung Rachmat Koesnadi mengatakan Dinas Sosial tidak hanya menangani masalah sosial, tapi juga memberdayakan pelaku kesejahteraan sosial

“Kami bekerja sama dengan dinas sosial selain menangani masalah-masalah respon kasus yang terkait dengan masalah kesejahteraan sosial juga memberikan layanan atensir rehabilitasi sosial, tidak hanya menangani sosialnya, tapi juga sekaligus memberdayakan para pemeluk kesejahteraan sosial” jelasnya

Ia juga mengatakan bahwa SKA Kartini ini adalah inovasi pertama di Jawa Timur dan ia sangat mengapresiasi antusiasme Dinsos Kabupaten Nganjuk dengan adanya pemberdayaan ini.

“Sentra SKA yang sebelumnya program di Kementrian Sosial namun di adopt oleh Dinsos Kabupaten Nganjuk sangat kami apresiasi sekali dan kami bantu sekitar 20 orang yang sebelumnya memiliki profesi yang lain kita berikan bantuan pemberdayaan kewirausahaan” pungkasnya.

(Dyh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.