Upacara Hari Jadi Nganjuk ke-1087 Tahun 2024, Nganjuk Bangkit, Berkah dan Barokah

KabarNganjuk.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk menggelar upacara peringatan Hari Jadi Nganjuk ke-1087 pada tahun 2024 di Alun-alun Kabupaten Nganjuk, pada Senin (17/04/2024).

Dalam rangkaian acara tersebut, Pj. Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono, membacakan sejarah singkat Kabupaten Nganjuk.

Bacaan Lainnya

Upacara Peringatan Hari Jadi Nganjuk ke-1087 dihadiri oleh Perwakilan Bupati Bojonegoro, Perwakilan Bupati Madiun, dan Perwakilan Bupati Kediri, Kepala Bakorwil II Bojonegoro, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Anggota DPRD Kabupaten Nganjuk, Kapolres Kabupaten Nganjuk, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Nganjuk, Camat se-Kabupaten Nganjuk, serta para undangan, dan peserta upacara yang terdiri dari perwakilan TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, BPBD, Linmas, PGRI, KORPRI, Tenaga Kesehatan, Mahasiswa, dan Siswa/i SMA di Nganjuk.

Upacara peringatan hari jadi Nganjuk ini merujuk pada Prasasti Anjuk Ladang yang berasal dari tanggal 10 April 937 Masehi, sebuah peristiwa sejarah pada masa Mataram Medang di bawah pemerintahan Raja Mpu Sendok.

Harapannya, upacara ini tidak hanya menjadi pengingat akan berdirinya Kabupaten Nganjuk, tetapi juga menjadi momentum untuk memacu pembangunan ekonomi, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, meningkatkan pelayanan publik di semua sektor, serta mengurangi kemiskinan ekstrem dan stunting.

Dalam amanatnya, Pj. Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, mengatakan, “Peringatan hari jadi Kabupaten Nganjuk ke-1087 harus dimaknai sebagai sarana peningkatan rasa memiliki sense of belonging Nganjuk untuk kemajuan kedepan sesuai dengan tema peringatan hari jadi Nganjuk yakni Nganjuk Bangkit, berkah, dan barokah,” Ungkapnya.

Selanjutnya, Pj. Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna mengucapkan terima kasih yang setinggi tingginya kepada para pendahulu yang pernah memimpin Kabupaten Nganjuk.

Saat ditemui di lokasi, Pj. Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna mengatakan “Ini adalah upacara HUT yang mengusung tema Nganjuk bangkit, berkah, dan barokah. Ini adalah momentum yang membangun semangat seluruh stakeholders baik pemerintah maupun warga Kabupaten Nganjuk untuk bersama-sama membangun Kabupaten Nganjuk menjadi Kabupaten yang juga memiliki berkah dan barokah,” Ujarnya.

(Sov)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *