Menjelang Idul Fitri, Pemkab Nganjuk Gelar Tasyakuran Hari Jadi ke-1087

KabarNganjuk.com – Pada hari ke-29 bulan Ramadan, Pemerintah Kabupaten Nganjuk merayakan hari jadinya yang ke-1078.

Perayaan tahunan ini diperingati setiap tanggal 9 April dan telah menjadi tradisi yang dihormati sejak tahun 973 Masehi. Ini menjadi tanda semangat dan kemajuan yang berkelanjutan di wilayah yang dikenal sebagai Kota Angin.

Bacaan Lainnya

Tahun ini, momen 9 April bertepatan dengan bulan Ramadan atau H-1 menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah. Oleh karena itu, peringatan HUT Kabupaten Nganjuk 2024 akan berkesan religius.

Kegiatan tersebut berlangsung di Masjid Al Mubarok, Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk. Acara yang dimulai pukul 16.00 WIB itu berjalan dengan khidmat, dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Kemudian dilanjutkan dengan zikir, sholawat, dan doa bersama.

“Hari ini adalah rangkaian peringatan HUT Kabupaten Nganjuk ke-1087. Jadi kegiatan hari ini diisi dengan istighosah tasyakuran, yang kebetulan juga bertepatan dengan malam menjelang Idul Fitri 1445 Hijriyah,” kata Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna usai mengikuti tasyakuran di Masjid Al Mubarok Kecamatan Berbek, Nganjuk, Selasa (9/4/2024) malam.

Menurutnya, perayaan pada tahun ini bukan sekadar seremonial semata, melainkan sebagai momentum untuk membangun Nganjuk menuju lebih baik.

“Hal ini juga tercermin dalam tema yang kita angkat pada peringatan HUT Nganjuk ke-1087, yakni Nganjuk Bangkit, Berkah dan Barokah. Artinya bagaimana kita tetap menjadi Nganjuk yang bangkit, dengan memiliki keutamaan untuk menjadi lebih baik lagi,” imbuhnya.

Pj Bupati Sri Handoko berharap, melalui momen Idulfitri dan HUT Nganjuk yang beriringan, masyarakat dapat menjaga kondusifitas lingkungan, sekaligus memanfaatkannnya untuk saling bersilaturahmi.

“Kami Pemerintah Daerah mengimbau kepada masyarakat, termasuk aparat kita untuk selalu berjaga dan waspada dalam suasana Lebaran dan HUT Nganjuk ini. Mari kita manfaatkan momen ini untuk saling bersilaturahmi, berjabat erat untuk saling mengingatkan dan mengisi tentang kebaikan-kebaikan,” pungkasnya.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *