Umat Hindu di Lereng Wilis Gelar Upacara Hari Raya Galungan

Loceret, JendelaDesa.com- Bertempat di Lereng Gunung Wilis, Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis, juga sebagai tempat Parisada Hindu Dharma Indonesia,ratusan Umat Hindu yang ada di Kabupaten Nganjuk, melaksanakan Upacara Hari Raya Galungan, Upacara yang tidak begitu panjang tetapi hanya melakukan Puja Bhakti Persembahyangan bersama ( 28/2/2024).

Upacara dalam rangka Hari Raya Galungan, ini diikuti hanya dari masyarkat Umat Hindu dan Lembaga Keagamaan di Kabupaten Nganjuk, yang bertujuan untuk kesejahteraan lahir dan batin, meski tidak begitu meriah, tetapi ratusan Umat Hindu dengan kusuk melakukan Upacara Galungan, yang mempunyai makna, peringati lahirnya bumi.

Bacaan Lainnya

Seperti yang di sampaikan Mangku Dampri selaku Pemangku Adat di Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis, bahwa pada saat ini Umat Hindu di Lereng Gunung Wilis melakukan Upacara Hari Raya Galungan, Upacara yang tidak begitu panjang, tetapi cuma melakukan Puja Bhakti Persembahyangan bersama ” jelasnya.

” Karena nanti sebentar lagi juga ada acara – acara berikutnya terkait dengan Hari Raya Nyepi, untuk Upacara Galungan pada hari ini tidak berbeda dengan Tahun lalu, tapi nanti yang luar biasa adalah pada Hari Raya Nyepi nya, karena bersamaan dengan Hari Raya Kuningan ” ujar Mangku Dampri.

Lebih lanjut dikatakan Mangku Dampri, bahwa Umat Hindu nanti di Bulan Ramadhan juga mengadakan puasa, Catur Prata Penyepian, sedangkan untuk makna Galungan, secara universal itu peringati lahirnya bumi, maka di tandai dengan Hari Raya Galungan ” pungkasnya.

( gik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *