Pameran Temporer 2023, Resmi Dibuka PJ Bupati Sri Handoko Taruna

KabarNganjuk.com – Pameran Temporer Museum Anjuk Ladang Nganjuk 2023 dibuka PJ Bupati Sri Handoko, S.STP,.M.Si didampingi oleh Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahyono S.Sos, Kadis Porabudpar Sri Handariningsih, dengan pecah kendi dan gunting bunga, pada Jum’at 6/10/2023.

Pameran ini diselenggarakan untuk mengingatkan jejak sejarah Kerajaan- kerajaan di Jawa Timur seperti Kerajaan Singosari, Kerajaan Jenggala, dan Kerajaan Kediri yang berkaitan erat dengan berdirinya Bumi Anjuk Ladang.

Bacaan Lainnya

Pameran ini diikuti oleh 18 peserta yang terdiri dari 6 Musium Kabupaten/Kota di sekitar Kabupaten Nganjuk, diantaranya yaitu Musium Daerah Tulungagung, Musium Airlangga Kota Kediri, Musium Pacitan yang merupakan Perwakilan Nasional, Musium Bagawanta Kabupaten Kediri, Musium Sejarah Universitas Airlangga Surabaya, Musium Sejarah UNP PGRI Kediri serta 12 peserta dari komunitas pegiat dan pemerhati sejarah.

Dalam sambutannya PJ Bupati Sri Handoko mengatakan “Pameran museum ini perlu diselenggarakan dalam rangka menimbulkan semangat kita untuk menghargai sejarah. Acara ini adalah momen strategis untuk mengingatkan generasi muda agar tahu proses berdirinya bangsa ini ataupun pra sebelumnya di jaman kerajaan – kerajaan. Ini menunjukkan sebuah kebesaran bangsa.”Pungkasnya.

Para peserta pameran menampilkan koleksi kilas jejak peninggalan sejarah diantaranya : Arca Ganesha, Arca Hindu dari masa Kerajaan Jenggala; Arca Durga, Arca Hindu dari masa Kerajaan Kediri; Arca Nandi, Arca Hindu pada masa Kerajaan Singosari ; Prasasti Anjuk Ladang, Prasasti dari masa Kerajaan Kediri; Keramik, keramik dari Kerajaan Singosari.

Sementara itu Kadis Porabudpar menyampaikan, pameran ini diharapkan menjadi sarana edukasi dan rekreasi bagi masyarakat. ” Dengan mengenal sejarah Anjuk Ladang masyarakat Nganjuk dapat lebih memahami tentang budaya dan sejarah Indonesia. Musium mampu menarik sebanyak mungkin pengunjung untuk mewujudkan museum sebagai wahana pembelajaran.” pungkasnya.

Pameran dibuka tanggal 6/10/2023 hingga 8/10/2023, mulai jam 08.00- 21.00 WIB. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *