Operasi Pasar, Plt. Bupati Pastikan Stok Dan Harga Kebutuhan Pokok Stabil

 

KabarNganjuk.com– Maraknya harga kebutuhan pokok yang terus melambung, khususnya pada komoditi beras, Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nganjuk bekerjasama dengan tim TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) menggelar operasi pasar yang dipimpin langsung oleh Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi dengan memberangkatkan empat truk pengangkut beras menuju Pasar Berbek dan Pasar Wage Nganjuk, Kamis(23/2/2023).

Bacaan Lainnya

Turut hadir dalam kegiatan operasi pasar tersebut, Yuni Marhaen Ketua PKK Kab. Nganjuk, Jajaran Forkopimda, Kepala Disperindag, KaSatpol PP, Camat Berbek, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas KPP, Asisten Pemerintahan dan Pembangunan Kabupaten Nganjuk.

Di sela – sela kunjungan langsung ke Pasar Kang Marhaen sapaan akrab Plt. Bupati menyampaikan, bahwa sejak bulan Januari 2023 Pemkab Nganjuk telah mencoba untuk melihat kondisi langsung stabilitas harga-harga bahan pokok khususnya beras di pasaran.

“Mulai Januari kita coba cek pasar apalagi ini mendekati puasa jadi kita pastikan harga harga itu terkendali. Maka kita lakukan yang namanya operasi pasar harga beras harus terkendali. Dua minggu sampai 1 bulan ini harga beras stabil 9.000 sampai 9.500 rupiah,” ujarnya.

 

lebih lanjut, pihaknya menjelaskan, bahwa dalam operasi pasar kali ini tiap kilogram dijual dengan harga 8.600 rupiah. “Harga pasar ini 8.600 rupiah dan kalau dijual kita tekan sampai harga 9.500 rupiah. Tujuan pemerintah jangan sampai masalah sembako harganya bergejolak. Maka dari itu kita selalu turun ke lapangan untuk mengendalikan harga bahan pokok. Kita memastikan masyarakat hidup nyaman tidak terganggu harga bahan pokok yang bergejolak,” ujar Kang Marhaen.

Kang Marhaen menuturkan bahwa pemerintah selalu hadir ditengah masyarakat di saat suka dan duka. Karena hal itu adalah prinsipnya dalam mengelola pemerintahan dan memberikan kenyamanan pada masyarakat. “Beli barang barang milik tetangga, beli beras yang dihasilkan oleh masyarakat. Bumdes juga harus kita kelola kita dorong untuk beli hasil panen masyarakat. Bumdes harus mendukung kebijakan dari pemda sehingga uangnya dari nganjuk untuk Nganjuk”, ajak Kang Marhaen.

Sebagai informasi, berdasarkan data Disperindag Nganjuk operasi pasar yang dilakukan di Pasar Berbek sebanyak 15,775 ton atau sebanyak 3.155 sak beras serta Pasar Nganjuk I sebanyak 8,5 ton atau 1.700 sak beras. Jumlah keseluruhan operasi pasar hari ini di Pasar Berbek dan Pasar Wage/Pasar Nganjuk I sebanyak 24,275 ton atau 4.855 sak beras.(hms/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *