Desa Sukoharjo Pungkasi Rangkaian Peringatan HUT RI dengan Karnaval Budaya

Wilangan, KabarNganjuk.com- Serangkaian acara memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) masih dilaksanakan meski sudah berada di penghujung bulan Agustus.

Rangkaian acara ini tetap bertajuk ekonomi demi pemulihan ekonomi yang sempat terdampak Covid-19 dua tahun yang lalu, salah satunya dengan pawai atau karnaval.

Bacaan Lainnya

Bukan hanya dari sisi budaya yang terus diejawantahan kekinian hingga tradisinya terus terjaga tetapi beberap pihak khususnya yang ada di sektor ekonomi yang diuntungkan. Contohnya para perias, penyewa busana, juga desainer atribut pawai yang tentunya sangat menguntungkan termasuk para pedagang yang ada dalam acara karnaval.

Desa Sukoharjo, Kecamatan Wilangan, Kabupaten Nganjuk baru saja mengadakan karnaval pada akhir Agustus, Rabu (31/8/2022) siang.

Beragam budaya ditampilkan dari berbagai peserta yang terdiri dari tingkat sekolah TK, SD hingga umum.

Dihadiri dan diberangkatkan langsung oleh Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi. Rute karnaval ini dimulai dari depan Balai Desa Sukoharjo dan kembali ke finish yang juga di halaman Balai Desa dengan jarak tempuh kurang lebih 2km.

Marhaen mengatakan bahwa Karnaval punya makna, bentu bersyukur dan dilakukan oleh semua warga.

“Alhamdulillah, antusias pesertanya luar biasa. Karnaval ini punya makna, yaitu bentuk syukur semua warga dalam rangka menyukuri kemerdekaan RI mulai dari anak TK sampai dewasa” tutur Marhaen.

Ia juga mengajak semua warga yang ikut serta memeriahkan karnaval itu khususnya para pemuda untuk membangun Nganjuk yang bermartabat sehingga menjadikan Nganjuk sebagai Kabupaten yang benar-benar maju.

Dari karnaval ini, Marhaen juga melihat bentuk semangat gotong royong warga yang bahu membahu mensukseskan acara ini. Selain itu, sebuah bentuk pengembangan ekonomi kerakyatan sesuai dengan tema HUT RI tahun ini ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’ dan semangat nasionalisme warga dengan cinta tanah air.

Sementara itu, Kepala Desa Sukoharjo yang lebih akrab disapa pak Gathak mengucapkan selamat datang kepada Plt. Bupati Nganjuk. “Selamat Datang Kang Marhaen selaku Plt. Bupati Nganjuk, kami juga mengucapkan terimakasih atas kehadirannya” ucapnya.

“Alhamdulillah masyarakat Sukoharjo antusias, kompak dan solid, guyup rukun. Dengan kehadiran Plt Bupati, semoga bisa menjadikan Sukoharjo lebih maju, semakin jaya” pungkas Gathak.

(Dyh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.