Jelang Bulan Suro, Warga Desa Sonoageng Lakukan Tradisi Bersih Desa

KabarNganjuk.com – Bersih Desa (Nyadran) di Desa Sonoageng Kecamatan Prambon,memang lain dari pada yang lain,selain menggelar arak-arakan hasil bumi,juga mengelar kirab yang diikuti kurang lebih 300 peserta,juga diadakannya hiburan di beberapa tempat,pedagangpun berdatangan dari luar Desa,bahkan ada pula pedangan yang datang dari luar Kota , sampai pedagang dari luar Jawa,dan pengunjung pun banyak yang berdatangan dari luar daerah Nganjuk (14/7/2022).

Kegiatan ini di gelar,yaitu Bersih Desa (Nyadran),untuk menguri nguri Budaya Jawa,dengan tujuan mengenang para leluhur di Desa nya ,yang mana pada masanya telah mendirikan atau membabat berdirinya Sonoageng,pada kala itu iyalah Raden Kanoman,yang menganti nama menjadi Sahid atau Eyang Sahid,dan Sonoageng adalah sebuah nama yang besar dari Eyang Sahid,Sono yang berarti Sasono atau Panggonan (Singgah Sana/Tempat Tinggal) sedangkan dari nama Ageng,yang bermakna Gedhe (Besar),jadi Sonoageng adalah Tempat Tinggal yang Besar.

Bacaan Lainnya

Acara ini di hadiri Plt.Bupati Nganjuk,Kapolres Nganjuk AKBP.Boy Jeckson,Kepala Kejaksaan Negeri juga Kepala Pengadilan Negeri Nganjuk,Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono dan Anggota DPRD Jawa Timur Ida Bagus Nugroho,hadir juga Camat Prambon.

Dalam sambutanya,Plt.Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mengatakan bahwa ini adalah kegiatan yang diadakan se Tahun sekali di Desa Sonoageng,untuk menguri nguri Budaya Jawa ,juga mengenang para leluhur yang telah membabat berdirinya Desa Sonoageng yaitu Eyang Sahid.

“Ini adalah bentuk Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,karena ini adalah berkah,rahmat kepada kita,dan semoga semua di beri kemudahan, juga hasil panen warga Sonoageng menjadi berlimpah,dan kita jangan melupakan sejarah,kita harus selalu mengingat tentang budaya “harap Kang Marhaen sapaan Plt.Bupati Nganjuk.

Sedangkan Kepala Desa Sonoageng Suharto sangat bersyukur sekali dengan adanya Nyadran di Desanya,yang mana dilakukan setiap se Tahun sekali pada Bulan Juli di Hari Kemis Legi Malam Jumat Paing.

Suharto juga berharap kepada masyarakat di Desanya,untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang mana warga Desa Sonoageng telah di beri kesehatan,kelimpahan rejeki dan semoga juga di beri hasil panen yang melimpah,agar semua warga Sonoageng makmur dan sejahtera.(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.