Wujud Syukur Pasca Panen, Berkat Baris Ramaikan Sedekah Bumi di Desa Banggle

  • Bagikan
Asper BKPH Ngujung Timur Bambang Sugondo

Lengkong, KabarNganjuk.com- Nguri-uri budaya dilakukan LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Wana Lestari Desa Ketandan dan Jati Semi Desa Banggle dengan berkat baris yang dibawa oleh para pesanggem. Kegiatan tersebut digelar sebagai rasa syukur atas panen yang telah usai, Minggu (13/06/2021).

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Asper BKPH Ngujung Timur Bambang Sugondo didampingi mantri Kanif dan mantri Marsono, Kepala Desa Banggle Tarminto, Ketua LMDH Wana Lestari Riman, dan kerua LMDH Jati Semi Parman serta para pesanggem.

Kepala Desa Banggle Tarminto

Dalam sambutannya, Asper BKPH Ngujung Timur Bambang Sugondo berpesan kepada para pesanggem agar ikut menjaga tanaman tegakan yang masih ada dan tanaman minyak kayu putih agar semua berimbang.

“Pihak Perhutani juga bisa melakukan tugasnya dan para pesanggem juga bisa melakukan produktivitas tanaman pokok dengan menggarap lahan. Jadi sama-sama saling bekerja sama,” pungkasnya.

Dirinya menambahkan, tanaman kayu putih merupakan tanaman yang penting untuk memenuhi lingkungan. Sedangkan tanah yang masih kosong bisa ditanami tanaman pokok ataupun polowijo lainnya.

Sementara itu, Riman Ketua LMDH Wana Lestari Desa Ketandan mengungkapkan, acara sedekah bumi ini merupakan wujud syukur atas tanaman yang telah dipanen.

“Saya berharap setiap tahun acara ini bisa terselenggara, karena memang acara ini termasuk nguri-uri budaya. Masyarakat antusiasme sangat luar biasa sekali,” tambah Parman Ketua LMDH Jati Semi Banggle.(Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *