Wednesday , March 24 2021
Home / Seni Budaya & Pariwisata / Tingkatkan Ekonomi, Wisata Tani Berdayakan Warga Desa Betet
Nampak beberapa orang berwisata dengan perahu di Wisata Tani Betet

Tingkatkan Ekonomi, Wisata Tani Berdayakan Warga Desa Betet

Ngronggot, KabarNganjuk.com- Wisata Tani Betet yang terletak di Dusun Barik Desa Betet Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk menjadi salah satu wisata yang berhasil menarik perhatian pengunjung. Terbukti, sejak dibuka tahun 2018, Wisata yang berdiri diatas tanah seluas 300 ru ini mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Ketua Pengurus Wisata Tani Betet, Heri Siswanto mengatakan bahwa wisata ini berawal dari ide normalisasi sungai Apur. Karena setiap musim hujan tiba, terjadi pendangkalan sungai dan dari tahun ke tahun ukuran sungai semakin mengecil, sehingga kelebihan air hujan yang menggenangi sawah tidak dapat dibuang ke sungai apur seperti semestinya, bahkan air sungai meluap hingga membanjiri sawah.

Ketua Pengurus Wisata Tani Betet Heri Siswanto

“Akhirnya pada tahun 2016 ide normalisasi sungai Apur di respon oleh PG Mrican yang semula lebarnya hanya 1 meter menjadi 6 meter. Lalu, tanggal 10 November 2016 Dinas Perikanan turut serta dalam acara peresmian normalisasi sungai Apur 5 dengan memberikan bibit ikan bersisik sebanyak 10.000 ekor,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, dengan adanya wisata Tani ini juga cukup membantu peningkatan ekonomi bagi warga sekitar desa Betet. “Didepan juga sudah disediakan untuk warga yang ingin berjualan. Sehingga bisa menambah penghasilan masyarakat Desa Betet,” tambah Heri.

Kios-kios di depan Wisata Tani Betet

Sementara itu, Supinah warga Desa Betet yang berjualan di kios Wisata Tani Betet merasa terbantu dengan adanya kios tersebut. Meskipun sempat tutup selama 5 bulan karena Covid-19, kini Supinah kembali bisa berjualan seperti biasanya.

“Saya kan sebelumnya ibu rumah tangga. Tapi semenjak ada Wisata Tani Betet ini, saya bisa berjualan dan hasilnya bisa untuk membantu perekonomian keluarga,” kata Supinah.(Red)

Check Also

Sebagai Wujud Syukur, Abah Solikin Nguri – Uri Budaya Jawa Tedak Siten Dan Tingkeban

Tanjunganom, KabarNganjuk.com- Kebudayaan Jawa seolah menjadi sesuatu yang tidak menarik bagi anak muda, karena di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *