Saturday , March 20 2021
Home / Pertanian & Perkebunan / Terancam Gagal Panen, 29 Hektar Tanaman Padi Diserang Hama Wereng
Tanaman padi yang diserang hama wereng

Terancam Gagal Panen, 29 Hektar Tanaman Padi Diserang Hama Wereng

Nganjuk, KabarNganjuk.com- Tanaman padi petani yang rusak akibat serangan hama wereng kini menjadi perhatian serius Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk. Bahkan, petani bisa menelan kerugian yang besar apabila hama ini tidak segera diatasi.

Koordinator Petugas Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk Gunawan mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan pengendalian hama secara bertahap di masing-masing kecamatan, Rabu (24/02/2021).

Koordinator Petugas Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk Gunawan

“Apabila tanaman padinya diserang hama wereng, maka bisa langsung berkoordinasi dengan dinas melalui kelompok tani. Karena telah disediakan obat pembasmi hama dan akan dilaksanakan penyemprotan secara bersama-sama,” jelasnya.

Diketahui, data per tanggal 24 Februari 2021 dari 20 kecamatan di Nganjuk sudah ada sebanyak 12 kecamatan yang telah melapor dengan 29 hektar lebih tanaman padi petani yang terserang hama wereng.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinas Pertanian telah melakukan upaya gerakan pengendalian.

Puluhan kardus obat pembasmi hama

“Saat ini yang sudah terkendali ada 129 hektar. Namun yang masih perlu diwaspadai ada 380.9 hektar bahkan mungkin akan bertambah,” tambah Gunawan.

Sementara itu, di gudang Dinas Pertanian terlihat ada puluhan kardus obat pembasmi hama yang telah disiapkan dan akan dipakai untuk menyemprot hama di masing-masing kecamatan yang terdampak hama wereng.(Red)

Check Also

Kumpulkan Pundi-Pundi Rupiah, Ini Kisah Petani Organik Di Nganjuk

Pace, KabarNganjuk.com- Subsidi pupuk yang berkurang hingga 50 persen lebih membuat pupuk sulit ditemui di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *