Tahap Kedua, Sebanyak 410 Warga Desa Waung Terima Vaksinasi

  • Bagikan

Baron, KabarNganjuk.com- Program vaksinasi terus digencarkan oleh Pemerintah Kabupaten Nganjuk sebagai salah satu upaya untuk mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19. Hal tersebut sesuai dengan intruksi pemerintah pusat dalam rangka meningkatkan Herd Immunity.

Setelah menggelar vaksinasi tahap pertama pada tanggal 14 dan 17 Juli 2021, kini Pemerintah Desa Waung Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk kembali menggelar vaksinasi tahap kedua yang diikuti sebanyak 410 warga Desa Waung, Senin (19/07/2021).

Kepala Desa Waung Doni Rudianto menjelaskan bahwa prosentase warga Desa Waung yang telah divaksi pada tahap pertama ini mencapai 20-25 persen.

“Masyarakat sangat antusias mengikuti vaksinasi ini. Protokol kesehatan juga tetap dilaksanakan selama proses vaksinasi berlangsung. Tentunya, ini menjadi harapan kita semua, setelah vaksin bisa meningkatkan imun tubuh,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, animo masyarakat yang belum menerima vaksin juga sangat tinggi. Namun hal tersebut terkendala dengan jadwal dan jumlah vaksin yang tersedia. “Saya menghimbau kepada masyarakat untuk menunggu jadwal vaksin berikutnya,” tambah Kades Doni.

Vaksinasi di Desa Waung Kecamatan Baron

Sementara itu, Camat Baron Puguh Harnoto mengungkapkan bahwa ada satu desa di Kecamatan Baron yang belum melaksanakan vaksinasi. Desa yang dimaksud adalah Desa Jambi, namun sudah dijadwalkan akan menerima vaksinasi pada hari Kamis lusa.

“Sedangkan 10 Desa lain sudah terjadwal, masing-masing hari ini di Desa Waung, hari Rabu di Desa Garu, hari Kamis di Desa Jambi. Namun, vaksinasi tahap kedua ini baru dilaksanakan di 4 Desa dari dua jenis vaksin yakni vaksin Sinovac dan vaksin Astrazeneca,” pungkasnya.

Meskipun sempat terjadi kendala beberapa masyarakat tidak mau divaksin, namun dalam dua minggu terakhir animo masyarakat meningkat dan berantusias mengikuti program vaksinasi tersebut.

“Saya berharap masyarakat Kecamatan Baron yang berusia 18 tahun keatas sejumlah kurang lebih 30.000 jiwa ini bisa menerima vaksin semua yang tersebar di 11 Desa. Kita akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pentingnya vaksin di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.” Ungkap Camat Puguh.

Camat Puguh menambahkan, tidak ada target khusus selama vaksinasi ini berlangsung. Namun, Kecamatan Baron telah menerima dua program vaksin masing-masing dari Puskesmas dan Rumah Sakit Bhayangkara.”Mudah-mudahan di bulan Proklamasi bulan Agustus ini ada teroboson-terobosan baru dari Pemerintah untuk mempercepat program vaksinasi,” tambahhnya.(Ifa/bj)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *