Saturday , August 8 2020
Home / Koperasi & UKM / Suparlan, Kemandirian Petani Harus Terwujud

Suparlan, Kemandirian Petani Harus Terwujud

Rejoso, KabarNganjuk.com- Kemandirian petani harus benar – benar terrealisasi tidak hanya menjadi jargon dan isapan jempol saja, namun harus ada tindakan yang riel dan itu bisa dilakukan di masyarakat tingkat paling bawah.

Secara kelembagaan koperasi Unit Desa (KUD) merupakan lembaga keuangan desa yang mampu mendorong percepatan kemandirian petani karena lembaga tersebut memiliki sistem pengelolaan keuangan dan usaha tani yang langsung bersentuhan dengan masyarakat di tingkat bawah.

Hal tersebut dikatakan Suparlan Ketua KUD Bangun dalam peringatan Hari Koperasi ke 72, 12 Juli 2019 di KUD Bangun yang ditandai dengan pemotongan tumpeng. Dalam sambutan singkatnya Suparlan menyampikan bahwa perlu kebersamaan, kekompakan dan keseriusan dalam mepertahanakan usaha KUD dan menigkatkan volume usaha sebagai tanggung jawab pengurus kepada angota KUD.

KUD Bangun, yang terletak di Kecamatan Rejoso ini memiliki beberapa unit usaha antara lain simpan pinjam, pembayaran token listri, persewaan kios dan unit usaha produsen benih padi.

Untuk usaha simpan pinjam KUD Bangun melayanai kelompok tani/anggota yang tersebar di 24 desa, usaha simpan pinjam ini terintregitas dengan PUSKUT Jatim dengan pengelolaan managemen secra otonomi terpisah dengan unit usaha lainnya.

Sedangkan unit usaha produsen benih padi adalah usaha yang dominan dan diandalkan untuk mampu mewujudkan kemandirian petani, dengan adanya unit usaha produsen benih padi ini maka kedepan petani anggota KUD tidak akan kesulitan mencari benih dan tidak harus berebut di pasar saat persiapan tanam padi, karena mereka cukup bisa dilayani oleh KUD.

Namun karena usaha ini belum lama dikelola maka volumenya pun belum memadai untuk anggota KUD secara keseluruhan, “Saat ini KUD baru memiliki hamparan untuk prosuden benih padi jenis impari42 dengan golongan SS seluas satu hektar dengan kapasitas produksi sebesar 9 ton riel,” ungkap Suparlan.(Nur Kholifah)

Check Also

Suwarno Ketua PKPRI Jangan Ada Pembisik Pembisik Liar

KabarNganjuk.com- Sepertinya ada rasa khawatir yang menghinggapi benak ketua PKPRI  pusat koperasi pegawai Republik Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *