Sunday , November 29 2020
Home / Politik & Pemerintahan / Sukseskan Program Unggulan Bupati, Pemkab Nganjuk Gelar WTP Desa

Sukseskan Program Unggulan Bupati, Pemkab Nganjuk Gelar WTP Desa

Nganjuk, KabarNganjuk.com- Pemerintah Kabupaten Nganjuk kembali menggelar Malam Anugerah Tata Kelola Keuangan Desa sebagai wujud komitmen dalam pengelolaan dana desa secara bersih, transparan dan profesional.

Anugerah ini merupakan salah satu program kompetisi yang dilakukan antar pemerintah desa se-Kabupaten Nganjuk, terkait tata kelola keuangan Desa anggaran tahun 2019. Kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Inspektorat Kabupaten ini juga dalam rangka mensukseskan program unggulan bupati yaitu ‘mbangun deso, notho kutho”.

Inspektur Daerah Kab. Nganjuk, Drs. Lishandoyo, M.Si, menyampaikan bahwa penilaian ini dilaksanakan oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Nganjuk, dengan menggunakan kriteria dan indikator diantaranya seperti tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan tahap pertanggungjawaban.

“Indikator penilaian yang telah disusun tadi kemudian dikomunikasikan dan koordinasikan dengan beberapa perangkat daerah (Bappeda, Dinas PMD dan BPKAD) untuk mendapatkan input dan feedback yang konstruktif,” ungkapnya.

Selain itu, dari hasil penilaian 264 desa akan muncul 25 desa pemenang Anugerah Tata Kelola Keuangan Desa atau yang lebih dikenal dengan Anugerah WTP Desa dengan klasifikasi sebagai berikut : 1 (satu) desa dengan predikat desa dengan tata kelola keuangan wajar Kategori Nindya, 18 (delapan belas) desa dengan predikat desa dengan tata kelola keuangan wajar Kategori Madya dan 6 (enam) desa dengan predikat desa dengan tata kelola keuangan wajar Kategori Pratama. Penghargaan ini akan diserahkan langsung oleh Bupati Nganjuk dan jajaran Forkopimda.

Sementara itu, Inpektorat Kabupaten Nganjuk tetap akan mematuhi protokol kesehatan, dengan menjaga jarak, mengurangi jumlah pengunjung, serta wajib mengenakan masker dan handsanitizer.

Diketahui, dalam Anugerah Tata Kelola Keuangan Desa Tahun 2020 ini akan dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Nganjuk malam ini, Rabu (04/11/2020) pukul 19.00 – selesai dan akan disiarkan secara langsung melalui Youtube Channel Diskominfo. Kab. Nganjuk.(Kom/Red)

Check Also

Peduli Lingkungan, Totok Kohar Bentuk Pengurus LMDH dan Wana Wisata

Nganjuk, KabarNganjuk.com- Dengan didukung Pemerintah Desa Sudimoroharjo, LMDH Desa menggelar musyawarah pembentukan pengurus Lembaga Masyarakat Desa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *