Wednesday , October 21 2020
Home / Pertanian & Perkebunan / Sinergitas KTNA Dan FK P4S Kabupaten Nganjuk
Susanto Ketua P4S Joglo Nganjuk

Sinergitas KTNA Dan FK P4S Kabupaten Nganjuk

Gondang, KabarNganjuk.com- Dalam budidaya bawang merah dimana pun berada, masalah utamanya adalah Hama. Terutama ulat grayak yang selalu menjadi momok petani di seantero.

Susanto Ketua P4S Joglo Nganjuk yang juga pengurus KTNA Kabupaten Nganjuk ini telah mendorong petani bawang merah mengunakan teknologi ciptaannya yaitu light trap insect, yang telah diterapkan di Dusun Sumber Sari Desa Pandean Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk.

Dalam luasan 1 Ha, Puji santoso petani bawang merah selalu dilakukan pendampingan dalam penerapan light trap insect yang sangat terbantu dengan adanya serangan OPT pada bawang merah hingga 80%. Pasalnya, masalah utama tersebut bersumber dari kupu-kupu atau ngenggat, dan setiap hari light trap mampu bekerja maksimal guna memutus siklus hama.

Dengan penerapan teknologi, petani bisa sangat terbantu serta berguna untuk mengurangi biaya insect. Selain itu, pola pengendalian hama mengunakan light trap insect ini adalah pola yang pengendalian yang ramah lingkungan.

“Lampu ini sangat efektif untuk memutus siklus hama, juga sangat selektif merangkap serangga. Bahkan musuh alami pun dengan presentase yang kecil. Selain itu, lampu ini mampu bekerja setiap hari dan setiap musim selama 2 tahunan dan juga efektif mengendalikan hama-hama jenis lain,” jelas Susanto yang juga dinobatkan oleh Kepala BPPSDMP Kementan tahun 2019.

Dirinya menambahkan bahwa lampu tersebut ramah lingkungan dan tidak meninggalkan residu yang berbahaya bagi petani, kawasan pertanian juga yang akan mengkonsumsi serta lampu ini bekerja secara berkelanjutan.

Selain Light trap insect, budidaya bawang ini juga mengunakan mulsa sebagai penutup lahan agar kelembapan terjaga, jarak tanam teratur, serta pengendali gulma dan bisa mengeluarkan hasil yang maksimal.

“Terapan ini sudah di respon para petani sekitar dan diperluas hingga 40 Ha. Dinas Pertanian juga akan membantu instalasi listriknya keluhan pertanian,” ujar puji Santoso yang sudah mengajukan permohonan.

Sementara itu, Susanto ditunjuk sebagai bagian pelaksana program Youth Entrepreurship And Employment Support Service (YESS ) yang di jadwalkan di Kabupaten Tulungagung. Program ini berjalan selama 5 tahun kedepan dan pada kesempatan ini, Kamis (28/09/2020) telah dilaksanakan panen Bersama KTNA dan FK P4S Kabupaten Nganjuk sebagai upaya sinergitas lembaga pendorong penumbuh pertanian Kabupaten Nganjuk.(Red)

Check Also

Hadi Siswanto, Kartu Tani Yang Terintregasi Dibagi Serentak

Rejoso, KabarNganjuk.com- Kartu tani diluncurkan guna meningkatkan kesejahteraan petani. Pasalnya kartu tersebut akan diijek oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *