Sunday , November 29 2020
Home / Koperasi & UKM / Perlunya Terobosan Usaha Koperasi Ditengah Himpitan Persaingan

Perlunya Terobosan Usaha Koperasi Ditengah Himpitan Persaingan

KabarNganjuk.com- Menjadi Pengurus Koperasi ditengah-tengah perdagangan bebas memang menjadi tantangan tersendiri, tergantung ketangkasan dan kemampuannya membaca peluang pasar, agar koperasi tetap berperan penting meskipun dihimpit oleh persaingan yang begitu ketat.

KPRI Guyub Rukun adalah salah satu KPRI guru-guru Sekolah Dasar, KPRI ini memiliki anggota sebanyak 363 orang dengan usaha yang dikelola adalah unit simpan pinjam dan pertokoan.

Kepada redaksi media ini H Nyoto, S.pd MM belum lama ini mengatakan, dengan adanya persaingan perdagangan ini, KPRI Guyub Rukun melakukan terobosan baru dengan melakukan jemput bola, dengan cara itu penurunan pendapatan koperasi bisa dianulir.

“Sudah beberapa tahun terakhir ini kita lakukan jemput bola pada usaha pertokoan koperasi dengan cara, anggota pesan barang sembako melalui telephone, kemudia koperasi ngedrop barang tersebut kepada anggota, dan barang yang kita antar hanya barang-barang yang di pesan anggota,” ungkan H Nyoto, Spd, MM.

Dari usaha simpan pinjam dan pertokoan yang di kelola bertahun tahun ini KPRI memiliki aset yang tidak kecil, mulai dari gedung atau kantor KPRI tanah dan lainya semuanya mencapai kurang lebih 6 milyar.

Namun demikian kekayaan tersebut milik anggota, sedangkan perputaran perbulan rata-rata mencapai 200 jutaan, untuk simpanan hari raya dibatasi jumlahnya sesuai rapat pengurus beserta anggota, hal tersebut untuk menjaga stabilitas keuangan koperasi, agar pembagian tabungan hari raya setiap lebaran atau hari raya tidak mengganggu pinjaman anggota.

Pada kesempatan yang sama H Nyoto, S.Pd MM juga menyatakan keberpihakan kepada Suwarno Ketua PKP RI bahwa perlunya pembinaan yang intens kepada Gerakan Kopearsi di Kabupaten Nganjuk.(Nur/Bj)

 

Periode 2016 – 2018

Pengurus KPRI “Guyub Rukun” Kecamatan Nganjuk

Pengurus Ketua 1 : H. Nyoto, S.Pd MM

Ketua 2 : Sujito, S.Pd

Sekertaris : Bachrul Mujib, M.Pd

Bendahara : H. Nawawi, S.Ag

Pengurus Pleno : Siti Aminah, S.Pd.M.Pd dan Sunarti, S.Pd.M.Pd

Pengawas : Mujiono, S.Pd dan Yoni Anawausih, S.Pd

Check Also

Suparlan, Kemandirian Petani Harus Terwujud

Rejoso, KabarNganjuk.com- Kemandirian petani harus benar – benar terrealisasi tidak hanya menjadi jargon dan isapan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *