Saturday , March 20 2021
Home / Pendidikan / Peran Penting Teknologi di saat Sektor Ekonomi Dan Pendidikan Terdampak Pandemi Covid-19

Peran Penting Teknologi di saat Sektor Ekonomi Dan Pendidikan Terdampak Pandemi Covid-19

KabarNganjuk.com- Kita tahu Pandemi Covid-19 sedang terjadi hampir diseluruh Dunia, peristiwa ini memberikan dampak yang signifikat bagi Masyarakat disemua aspek kehidupan. Dan perubahan terus terjadi pada setiap aspek dengan tujuan meminimalisir Virus yang terus menyebar. Dalam hal ini seluruh negara didunia berupaya keras bagaimana kegiatan sehari hari tetap berjalan namun dengan protokol kesehatan yang ditentukan.

Seluruh kegiatan yang dapat memicu massa atau perkumpulan menjadi sorotan yang harus dirubah sedemikian rupa oleh pemerintah. Pembatasan pembatasan terus dirancang sedemikian rupa agar virus tidak menyebar dan kegiatan tetap berjalan meskipun harus merubah sistem sebelumnya. Dengan segala pembatasan yang ditentukan tidak sedikit sektor yang dirugikan. sektor ekonomi menjadi salah satu sektor yang berpengaruh karena segala pembatasan atau aturan yang ditentukan, banyak perusahaan yang merugi karena dibatasinya jumlah pekerja yang berakibat menurunnya jumlah produksi dan pemasukan bagi perusahaan, yang berakibat PHK secara besar besaran kepada para pekerja dan buruh.

Sektor Pendidikan juga terdampak karena terjadinya pandemi ini, sistem pembelajaran secara tatap muka di berhentikan sementara oleh pemerintah karena dirasa dapat menularkan virus dengan mudah. Permasalahan terus muncul akibat terjadinya pandemi Covid-19, masyarakat secara langsung mejadi korban dalam Peristiwa ini.

Disaat semua aspek berubah secara sistem dan pelaksaannya Teknologi saat ini dimanfaat kan semaksimal mungkin dimana hampir seluruh aspek kehidupan menggunakan teknologi agar tidak terjadinya penularan Virus. Dimana bekerja, bersekolah dan kegiatan lainnya diharuskan menggunakan teknologi internet agar penularan virus bisa terkendali bahkan menurun. Pemanfaatan teknologi terus dilakukan secara maksimal disemua lini, dari pendidikan yang merubah pembelajaran secara tatap muka diubah menjadi pembelajaran dari rumah melalui media digitial atau aplikasi video conference, dan Kegiatan Perekonomian yang menimbulkan perkumpulan pekerja harus diubah secara sistem yang sebelumnya bekerja di kantor atau Perusahaan sekerang diharuskan dilakukan secara daring atau dibatasi jumlah pekerja yang Masuk.

Berubahnya sistem saat ini menjadi pro kontra bagi Masyarkat Luas baik secara ekonomi dan pendidikan, ada yang kehilangan pekerjaan atau mata pencariannya ada yang berfikir bahwa dengan segala pembatasan pembatasan yang dilakukan dapat mengurangi penyebaran virus. Dan ada yang berfikir bahwa daring dapat mengurangi penularan virus dan mengenalkan dunia digital bagi pelajar, begitu sebaliknya ada yang berpendapat bahwa pembelajaran daring dirasa kurang efektif dan sulit diterima oleh pelajar.

Polemik ini membuat masyarakat kebingunan dalam mematuhi peraturan yang ditetapkan pemerintah, dan dirasa oleh sebagian masyarakat bahwa pembatasan atau peraturan ini merugikan mereka karena hilangnya lapangan pekerjaan. Dan tidak sedikit dari mereka (masyarakat yang kehilangan pekerjaan) akhirnya memanfaatkan teknologi dengan mendirikan usaha dibidang apapun dengan memanfaatkan internet di Media Sosial, strategi ini ramai dilakukan oleh sebagian masyarakat yang berakibat kemajuan teknologi dan membantu perkembangan ekonomi. Maraknya usaha Online membuat Ekonomi kreatifitas berkembang pesat dan bermanfaat menekan angka pengangguran. Akhirnya akan timbul pemikiran masyarakat untuk selalu membuat peluang-peluang usaha dengan memanfaatkan teknologi internet yang dapat membantu perekonomian masyarakat disaat seperti ini.

Berbagai pemanfaatan teknologi gencar dilakukan oleh masyarakat terkhusus pada aspek ekonomi dan aspek pendidikan yang mengharuskan merubah sistem agar penularan virus bisa dikendalikan. Berbagai jenis pemanfaatan teknologi ini akhirnya menjadikan masyarakat awam yang sebelumnya buta akan teknologi (tidak dapat mengoprasikannya) secara tidak langsung masyarakat dipaksa untuk dapat memanfaatkan atau belajar mengenai teknologi apapun. Dan pengetahuan akan penggunaan teknlogi ini akan bermanfaat untuk semua kegiatan pekerjaan atau pendidikan agar tetap berjalan walaupun dilakukan secara online dan masyarakat tetap berada dirumahnya masing-masing.

 

(Natasya Eka Setyawardani – Mahasiswa Kebidanan Universitas Brawijaya)

Check Also

Ir. Mindo Sianipar, Petani dan Penyuluh Harus Saling Berkoordinasi

Nganjuk, KabarNganjuk.com-¬†Kebutuhan pupuk bagi para petani nampaknya menjadi fokus tersendiri bagi penyuluh. Penyuluh diharapkan mampu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *