Sunday , January 24 2021
Home / Jajah Deso Milangkori / Optimalkan Bumides, Dodik Harmawan Tingkatkan Kesejahteraan Warga Mlorah

Optimalkan Bumides, Dodik Harmawan Tingkatkan Kesejahteraan Warga Mlorah

Rejoso, KabarNganjuk.com- Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) harapan baru bagi Dodik Hermawan Kepaladesa Mlorah Kecamtan Rejoso Kabupaten Nganjuk untuk bisa meningkatkan kesejahteraan warganya, Lembaga ekonomi desa ini pada tahun anggaran 2019 belum terlaksana secara optimal menurut Dodik.

Karena, pada tahun itu kegiatan Bumdes hanya berkutat pada usaha simpan pinjam saja, yang menurutnya itu adalah usaha yang sifatnya monutun dan tidak dapat bergerak secara siknifikan dalam kelembagaan keuangan desa, sehingga pihaknya menginfentarisir beberapa aset yang dimiliki desa agar dapat dioptimalkan untuk kesejahteraan warga.

Salah satunya adalah kios di pasar desa Mlorah yang terletak di Dusun Sugihwaras, tujuh kios tersebut yang sebelumnya tidak tertata, kini mulai di terapkan tertib administrasi dengan penarikan retribusi harian, restibusi tersebut untuk menambah modal Bumdes.

Selain kios, aset desa yang lainnya adalah 12 titik sumur dalam yang rencananya akan dikelola langsung oleh Bumdes, dengan cara sewa pakai dengan perhitungan perjam pemakaian sumur tersebut. “Jadi kedepannya bagi petani yang menggunakan/menyewa sumur tersebut cukup berurusan dengan Bumdes,” ungkap Dodik.

Dua hal tersebut diharapkan dapat kembali menghidupkan Bumdes di Desa Mlorah yang sebelumnya kurang siknifikan dan dapat membantu mensejahterakan warga Desa Mlorah.

Diketahui Desa Mlorah ini memiliki lima Dusun, diantaraya, Dusun Krajan, Dusun Ngrandu, Dusun Tugu, Dusun Sugihwaras, Dusun Sugihan.(Nur)

Check Also

IKLAN DUKA IBU AFIATI

Share on: WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *