Muji Rahayu, Sarjana Membangun Desa Dengan Rumah Baca

  • Bagikan
Muji Rahayu Wahyuningsih saat mengajar salah satu anak membaca

Rejoso, KabarNganjuk.com- Berawal dari kekhawatiran dan kepedulian terhadap sesama terutama pada anak-anak usia sekolah, membuat Muji Rahayu Wahyuningsih (48) warga Dusun Jatisari Desa Ngangkatan Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk membangun fasilitas rumah baca tepat berada di dalam rumahnya.

Muji Rahayu mengatakan bahwa berdirinya rumah baca tersebut berawal dari kegelisahan tetangga sekitar rumah yang menggeluhkan anak-anaknya yang belum pandai membaca.

“Awalnya tetangga mengeluhkan anak-anaknya kok belum lancar membaca padahal sudah masuk usia sekolah karena faktor ekonomi. Itulah yang mendasari saya membuat rumah baca ini. Agar anak-anak bisa belajar membaca diluar pelajaran yang ia dapat di sekolah,” jelas perempuan yang akrab disapa Wahyu ini.

Salah satu kerajinan yang dipamerkan di rumah baca

Rumah baca yang berdiri pada tahun 2017 ini dibangun secara swadaya dengan buku-buku yang berasal dari koleksi pribadi milik Wahyu dan bantuan dari beberapa pihak. Tidak hanya belajar membaca, anak-anak yang datang ke rumahnya Wahyu juga diajarkan kreativitas atau kerajinan tangan.

“Jam masuknya selama pandemi ini mulai dari pagi hingga sore, lalu kembali lagi sekitar pukul 18.00 WIB. Saya juga mendampingi anak-anak kalau ada tugas di sekolah. Tapi saat hari libur, itu anak-anak bebas mau membaca buku atau membuat kerajinan,” pungkasnya.

David Tulus Fanata

Sementara, David Tulus Fanata siswa SMP 3 Rejoso mengaku dirinya sudah cukup lama belajar di rumah baca. Selain belajar, David juga senang bisa belajar kerajinan. “Untuk teman-teman agar selalu semangat belajar dengan bu Wahyu,” ungkap David.

Selain itu, Wahyu berharap bahwa anak-anak pinggiran bisa mendapatkan perhatian. Karena seiring berjalannya waktu tidak hanya satu atau dua orang anak yang tidak bisa membaca tetapi masih banyak lagi.(Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *