Menuju Kedaulatan Pangan, Poktan Margo Mulyo Tanam Padi MSP

  • Bagikan

Tanjunganom, KabarNganjuk.com- Padi MSP (Mari Sejahterakan Petani) yang di prakarsai oleh Surono merupakan padi varietas unggulan dan mengawinkan pejantan Rindu dengan betina di Sekam Kuning dan Sekam Putih.

Dalam kegiatan penanaman perdana padi MSP bersama Poktan Margo Mulyo di Desa Kampungbaru Kecamatan Tanjunganom yang dihadiri langsung oleh Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat ini merupakan sebagai salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Nganjuk menuju kedaulatan pangan, Senin (12/04/2021).

Kepala Desa Kampungbaru Susilo Dwi Prasetyo mengungkapkan bahwa hasil yang diharapkan dengan kegiatan ini adalah memprioritaskan kesejahteraan petani, khususnya petani yang ada di Desa Kampungbaru.

Bupati Novi saat memberikan sambutan

“Padi MSP baru pertama kali ditanam di Desa Kampungbaru. Dengan melihat kondisi wilayah Desa Kampungbaru yang cukup agraris, kemungkinan sangat cocok,” jelasnya.

Terkait isu tolak import beras, Susilo mengatakan, Desa Kampungbaru memiliki luas lahan kurang lebih 350 hektar. Dengan lahan seluas itu, swasembada pangan untuk skala kecil khususnya di Desa Kampungbaru bisa terpenuhi.

Susilo berharap, Pemerintah Kabupaten Nganjuk memberikan fasilitas akses menuju ke Bulog agar harga padi saat panen tidak anjlok.

“Ini merupakan bentuk tanggungjawab pimpinan daerah yang konkrit untuk merespon kebijakan Kabupaten Nganjuk menuju kedaulatan pangan dan menjaga marwah Kabupaten Nganjuk sebagai lumbung pangan Provinsi Jawa Timur dan di tingkat nasional,” ungkap Susilo.

Sementara itu, Kapolsek Tanjunganom Kompol Herry mengatakan bahwa kegiatan tersebut berlangsung aman dan kondusif. Kegiatan yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan ini dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat.(Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *