Marhaen Plt. Bupati Nganjuk, Jangan Ada Petani Miskin Karena Kebijakan

  • Bagikan

Loceret, KabarNganjuk.com- Jangan ada petani miskin karena kebijakan. Petani harus makmur dan sejahtera. Jangan sampai mengorbankan petani, karena petani adalah sumber pangan kita.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi saat Temu Lapang dengan petani dan panen demplot padi sehat bersama Kelompok Tani Sambi Makmur Desa Kwagean Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk, Senin (14/06/2021).

Kehadiran Plt. Bupati Nganjuk didampingi Sekretaris Daerah M. Yasin, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk Yudi Ernanto, serta seluruh Forpimcam dan Kepala Desa se-Kecamatan Loceret, Koordinator PPL, Ketua KTNA serta Kelompok Tani Sambi Makmur, Pada kesempatan itu, turut hadir Dandim 0810/Nganjuk Letkol Inf. Georgius Luky Ariesta.

Hadir pula Ketua AKD Dedy Nawan, Kepala Desa Kwagean Lusi Wahyu Wigati, Kepala Desa Tanjungrejo Patoni, Kepala Desa Putuk Sugito, Kepala Desa Sukorejo Sutrisno, Kepala Desa Kenep Joko, dan Kepala Desa Candirejo.

Sesampainya di lokasi, Plt. Bupati Nganjuk beramah tamah dengan kelompok tani dan dilanjutkan dengan panen padi secara langsung bersama Forpimda dan Forpimcam.

Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mengungkapkan bahwa area persawahan yang berada di Desa Kwagean ini masih bermodel demplot. Nantinya akan dikembangkan menjadi area kurang lebih seluas 5 hektar. Sedangkan dengan luas kurang lebih 25 hektar itu termasuk padi sehat dengan model unit.

“Kita harus mensosialisasikan pentingya padi sehat kepada masyarakat. Karena padi sehat ini membawa banyak manfaat, diantaranya kita tidak menggunakan pupuk kimia yang kita gunakan pupuk organik jadi penggunaan pupuk jauh lebih hemat,” jelasnya.

Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi saat memanen padi dengan mesin

Selain itu, dengan mengonsumsi beras sehat, banyak nutrisi dan gizi yang tentunya menyehatkan tubuh. Hal tersebut akan menjadi prioritas pemkab serta dinas terkait.

“Kabupaten Nganjuk memiliki beberapa titik penanaman padi sehat seperti diantaranya di Kampungbaru, Warujayeng, Ngronggot dan di Loceret. Ini harus dipertahankan dan dikembangkan, karena ini aset kita bersama,” tambah Plt. Bupati Nganjuk.

Sementara itu, Kepala Desa Kwagean Lusi Wahyu Wigati mengucapkan terimakasih kepada Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi yang telah membantu dan mendukung perekonomian petani Desa Kwagean.

Diketahui, Kabupaten Nganjuk secara agraris merupakan daerah surplus pertanian yang juga merupakan lumbung pangan nasional. Varietas padi yang bagus tentunya tidak hanya menyejahterakan petani tetapi juga mampu mempertahankan kualitas padi sehat dari Kabupaten Nganjuk.(Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *