Wednesday , October 21 2020
Home / Pertanian & Perkebunan / Launching Kartu Tani, Bupati Novi Dukung Pertanian Organik

Launching Kartu Tani, Bupati Novi Dukung Pertanian Organik

Rejoso, KabarNganjuk.com- Upaya Pemerintah Kabupaten Nganjuk dalam perlindungan dan pemberdayaan petani, sesuai UU No.19 Tahun 2013, kini telah diwujudkan dengan melaunching kartu tani yang digelar Desa Ngangkatan Kecamatan Rejoso, Senin (28/09).

Acara launching kartu tani yang dipimpin langsung Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat ini, juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk Yudi Ernanto beserta staf, Ketua Asosiasi Distributor Pupuk Kab. Nganjuk Hadi Siswanto, Direktur CV. Anugerah Jaya Subur distributor pupuk wilayah Rejoso Tedy Herwawan, Camat Rejoso, Kepala Desa Se- Kecamatan Rejoso, PPL, Poktan dan Gapoktan.

Bupati Novi saat menyerahkan kartu tani secara simbolis.

Yudi Ernanto Kepala Dinas Pertanian menyampaikan terkait perkembangan pupuk bersubsidi hingga kartu tani yang ada di Kabupaten Nganganjuk, “Tidak hanya di kabupaten Nganjuk, alokasi pupuk bersubsidi di kabupaten Nganjuk dibanding tahun 2019 berkurang 50 persen,” ungkapnya.

Sementara dalam sambutanya, Bupati Novi mendukung petani yang menggunakan sistem pertanian organik, “Selain meningkatkan produksifitas, jika pertanian organik terus diterapkan, makan akan membuat unsur hara dalam tanah lebih bagus,” ujar Bupati.

“Dalam launching kartu tani ini di Kabupaten Nganjuk ada 24.000 penerima yang dibagikan secara bertahap, hari ini di Desa Ngangkatan sebanyak 6.400 penerima. Kartu tani yang diberikan kepada para petani yang ada di kabupaten Nganjuk ini tidak diberikan berupa uang, tetapi berupa kuota jumlah pupuk mulai dari Urea, NPK, ZA dan lain sebagainya. Sehingga dengan kartu ini petani bisa datang ke kios yang di tunjuk oleh Pemerintah untuk mendapatkan pupuk,” Imbuh Bupati Novi.

Suasana menjadi gayeng saat Bupati novi memberikan beberapa pertanyaan kepada petani dan memberikan hadiah kepada para petani yang bisa menjawab dengan benar.

Wajio salah satu petani di Kec. Rojoso merasa senang, karena bantuan ini sangat bermafaat untuk para petani, apa lagi ditengah perekonomian seperti ini akibat pandemi covid-19(Red)

Check Also

Hadi Siswanto, Kartu Tani Yang Terintregasi Dibagi Serentak

Rejoso, KabarNganjuk.com- Kartu tani diluncurkan guna meningkatkan kesejahteraan petani. Pasalnya kartu tersebut akan diijek oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *