Wednesday , October 21 2020
Home / Pertanian & Perkebunan / Kumpulkan Pundi-Pundi Rupiah, Ini Kisah Petani Organik Di Nganjuk
Aris Purnomo petani asal Desa Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk

Kumpulkan Pundi-Pundi Rupiah, Ini Kisah Petani Organik Di Nganjuk

Pace, KabarNganjuk.com- Subsidi pupuk yang berkurang hingga 50 persen lebih membuat pupuk sulit ditemui di pasaran, bahkan harganya pun menjadi cukup tinggi. Namun, bagi Aris Purnomo petani asal Desa Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk, berkurangnya pupuk subsidi bukanlah sebuah persoalan.

Aris Purnomo mengatakan, dengan memanfaatkan lahan sekitar 0,8 hektar dirinya bisa menanam beberapa tanaman organik seperti bawang merah, cabe, sawi, dan terong secara organik. Namun, kali ini Aris menanam jenis bawang merah yang berbeda dari biasanya.

Hasil panen bawang merah organik

“Saya memilih varietas bawang merah thailand. Karena menyesuailan cuaca di musim kemarau bawang merah jenis thailand lebih cocok untuk dibudidaya, berbeda dengan jenis bauji yang lebih cocok pada musim penghujan,” jelasnya.

Aris menambahkan bahwa dalam perawatannya juga tidak banyak yang berbeda. Pasalnya, yang membedakan hanya saat pengolahan tanah. Bahkan, diakui Aris modalnya juga lebih ringan daripada pupuk kimia. “Apalagi unsur hara dalam tanah akan semakin bagus apabila menggunakan pupuk organik,” tambahnya.

Kotoran sapi yang digunakan sebagai pupuk organik

Dirinya mengaku, selama proses penanaman organik ini hanya mengeluarkan dana untuk pembelian bibit dan tenaga kerja. Karena, dalam penanaman bawang merah dari 50 Kg bibit, Aris bisa memanen kurang lebih 5 kwintal bawang merah.

Selain itu, Aris menggunakan pupuk organik cair dari kotoran sapi yang masih baru dan basah lalu difermentasi. Fermentasinya sendiri dengan cara direndam selama tiga bulan dan baru bisa diambil airnya. “Jika airnya habis bisa diisi lagi san setelah 24 jam baru bisa digunakan,” ungkapnya.(Red)

Check Also

Hadi Siswanto, Kartu Tani Yang Terintregasi Dibagi Serentak

Rejoso, KabarNganjuk.com- Kartu tani diluncurkan guna meningkatkan kesejahteraan petani. Pasalnya kartu tersebut akan diijek oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *