Sunday , November 29 2020
Home / Seni Budaya & Pariwisata / Kisah Goa Lowo, Petilasan Angkling Darmo Hingga Makam Pangeran Alif
Goa Margotrisno atau yang lebih dikenal dengan sebutan Goa Lowo

Kisah Goa Lowo, Petilasan Angkling Darmo Hingga Makam Pangeran Alif

Ngluyu, KabarNganjuk.com- Goa Margotrisno atau Goa Lowo yang terletak di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk memang memiliki daya tarik tersendiri di mata masyarakat. Pasalnya, wisata goa dan pemandian kolam renang yang terletak dibawah bukit ini memiliki suasana yang rindang dan sejuk.

Meski pengunjung goa didominasi pengunjung lokal dari Kabupaten Nganjuk, namun wisata ini cukup ramai apalagi saat hari-hari libur seperti hari sabtu minggu atau tanggal merah. Goa Margotrisno ini dibuka pada tahun 2000 yang diresmikan langsung oleh Bupati Nganjuk yang saat itu dijabat oleh Sutrisno.

Gapura masuk Gia Margotrisno

Sony salah salah satu penjaga wisata goa margotrisno menyayangkan karena ditengah pandemi ini jumlah pengunjung yang datang ke wisata Goa Margotresno sangat menurun drastis.

“Semenjak ada Corona, jadi menurun jumlah pengunjungnya. Sebelumnya ramai sekali, apalagi kalau hari libur,” pungkasnya.

Sementara itu, Waijan juru kunci Goa Margotrisno mengatakan bahwa pembangunan wisata goa tersebut dibangun sekitar tahun 1981. Berbagai perayaan pun sering digelar sejak pembangunan wisata Goa Margotrisno.

Waijan juru kunci Goa Margotrisno

“Goa margotrisno masih ada hubungannya dengan Angkling Darmo. Sebab Goa Margotrisno sempat dilewati Angkling Darmo untuk menuju kepasangrahan di Goa Gondel Bojonegoro,” jelasnya.

Selain Goa Margotrisno, disekitar goa juga terdapat makam Pangeran Alif. Beliau merupakan salah satu cantrik di Kecamatan Ngluyu yang berasal dari Pati Jawa Tengah.(Red)

Check Also

New Putro Budoyo, Geliat Seni Kuda Kepang Yang Hampir Punah

Tanjunganom, KabarNganjuk.com- Seni kuda kepang atau yang biasa disebut jaran kepang di wilayah pulau jawa khususnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *