Thursday , January 28 2021
Home / Jajah Deso Milangkori / Kembalikan Fungsi Hutan, Wabup Marhaen Giat Penanaman Pohon di Desa Sudimoroharjo
Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi saat menanam pohon.

Kembalikan Fungsi Hutan, Wabup Marhaen Giat Penanaman Pohon di Desa Sudimoroharjo

Wilangan, KabarNganjuk.com- untuk menjaga kelestarian hutan lindung, jajaran Pemerintah Kabupaten Nganjuk bekerjasama dengan KPH Saradan Kab. Madiun melakukan penanaman pohon yang di prakasai oleh Pemerintah Desa Sudimoroharjo serta LMDH Wonorejo dan Koperasi Perumpuan Hutan Srikandi.

Penanaman hutan kembali tersebut, dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi dan perwakilan KPH Saradan, turut hadir dalam rombongan Kepala PMD Haris Jatmiko, Kepada Dinas Sosial Nafhan Tohawi, Kapolsek Wilangan Joko Purnomo, Danramil Wilagan, Camat Wilangan Yonny Rachmad, Kepala Desa Sudimoroharjo Totok Kohar, dan masyarakat.

Bertempat dilembah hutan Dusun Jambi Desa Sudimoroharjo, Wabup Marhaen didampingi Totok Kohar Kades Sudimoroharjo menanam bibit pohon buah tegakan, yakni durian, belimbing, mangga, alpukat, jambu batu dan rambutan.

Dalam kesematan itu Wabup Marhaen menyampaikan bahwa Pemerintah Kab. Nganjuk melalui Pemdes Sudimoroharjo telah mengambil langkah yang tepat dengan penanaman hutan kembali untuk mencegah terjadinya longsor di musim penghujan.

Orang nomor dua di Nganjuk ini juga mengajak masyarakat desa hutan untuk tetap menjaga kelestarian hutan dengan memelihara pohon tegaan sebagai pelindung tanaman yang ditumpangsarinya.

Wabup Marhaen saat menyerahkan bibit pohon secara simbolis.

“Karena banyaknya hutan yang gundul, maka saatnya kita harus peduli dengan lingkungan, Dengan progam penanaman kembali pohon – pohon, buah dan tanaman – tanaman yang menyerap air, lanjut Kang Marhaen.

Wabup Marhaen juga mengucapkan terimakasih kepada Adm Perhutani Kab. Nganjuk maupun Adm Saradan yang telah memberikan kemudahan – kemudahan kepada masyarakat Nganjuk untuk bisa menanami hutan yang kosong oleh LMDH,” ujar Wabup Marhaen.

Pada kesempatan itu, pihaknya berharap kepada petani hutan untuk bisa bekerjasama dengan Perhutani dan Pemda, menanam tanaman itu harus betul – betul bisa membatu fungsi utama hutan, yaitu menanam tanaman yang bisa menahan air, melindungi hutan jangan sampai terjadi tanah longsor atau banjir, yang kedua pilihlah tanaman yang produktif yang mempunyai nilai ekonomi tinggi seperti porang, karena porang mempunyai resiko yang kecil.

Kepala Desa Sudimoroharjo Totok Kohar.

Ditemui di ruang kerjanya usaik acara Kades Totok mengatakan, “Setelah penanaman ini kami akan terus berkoordinasi dengan pemkab dan kehutanan untuk terus melestarikan hutan agar hutan bisa berfungsi dengan semestinya serta anak cucu kita bisa merasakan apa yang sudah kita tanaman hari ini,” ungkapnya.

Disaat yang sama di kantor Desa Sudimoroharjo nampak berkerumun masyarakat yang maroyoritas adalah wanita, mereka adalah penerima bansos dari Kementrian Sosial, Provinsi dan Pemerintah Daerah. Menurut keterangan Totok Kohar, “Pembagian sembako kali ini sejumlah 552 paket yang bersumber dari Kemensos, Provinsi dan Pemkab, yang diberikan secara simbolis oleh Wabup Marhean didampingi Kepala Dinas Sosial Nafan Tohawi dan koordinator PKH Kab. Nganjuk Andik kepada Warga masyarakat Desa Sudimoroharjo,” pungkas Kades Totok.(Nur)

Check Also

IKLAN DUKA

Share on: WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *