Sunday , November 29 2020
Home / Pendidikan / Kabar Nganjuk Sabet Penghargaan Bergengsi Tingkat Provinsi

Kabar Nganjuk Sabet Penghargaan Bergengsi Tingkat Provinsi

KabarNganjuk.com- Majalah Kabar Nganjuk berhasil menyabet penghargaan bergengsi dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur dalam acara Penghargaan Bahasa Tahun 2020 dengan kategori media massa tertib berbahasa terbaik, Selasa (17/11).

Acara tersebut digelar di Favehotel Sidoarjo dibuka langsung oleh PJ Bupati Sidoarjo Dr. Hudiyono, M.Si, dihadiri Kepala Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan pembinaan bahasa kementrian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia Drs. M. Abdul Khak, M.Hum, Ketua Balai Bahasa Prov. Jawa Timur Dr. Asrif, M.Hum, perwakilan dewan juri Suyoto, serta lembaga dan media masa yang masuk dalam nominasi.

Penghargaan yang digelar oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur itu merupakan implementasi Undang – Undang nomor 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa, dan lembaga negara serta lagu kebangsaan.

“Penghargaan ini bertujuan untuk membangun masyarakat Jawa Timur untuk terus melek literasi dan pengutamaan bahasa indonesia sebagai bahasa pemersatu,” ujar Ketua Balai Bahasa Prov. Jawa Timur.

Selain Kategori media massa tertib berbahasa terbaik, dalam penghargaan bahasa 2020 itu juga ada kategori lembaga pemerintah tertib berbahasa terbaik dan lembaga swasta tertib berbahasa terbaik.

 

Dalam sambutanya, PJ Bupati Sidoarjo mengucapkan terimakasih karena diberi kesempatan sebagai tuan rumah dalam acara bergengsi ini, dan terimakasih karena mencerdaskan itu penguatan utama dalam fungsi bahasa, pihaknya yakin jika bahasa kita bagus, komunikasi terjadi, maka perekonomian akan tumbuh, dan kesejahteraan akan berkembang.

Sementara, Kepala Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Drs. M. Abdul Khak, M.Hum, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa nasib bahasa negara penuh liku.

“Lee Kuan Yew Mantan Perdana Menteri Singapura sempat meramalkan negara ini akan hancur karena terpecah-pecah, namun ramalan itu tidak terwujud karena adanya bahasa permersatu bangsa, yakni bahasa Indonesia,” ujar pejabat Kemendikbud.

Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur memberikan Penghargaan Bahasa 2020 kepada sembilan lembaga yang dinilai berkomitmen menggunakan bahasa Indonesia secara baik di ruang publik.

Sembilan lembaga tersebut diantaranya, untuk kategori lembaga pemerintah, yakni Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, SMP Negeri 1 Bangil Pasuruan, dan Sekretariat Daerah Pemkab Trenggalek. Untuk kategori lembaga swasta, diraih Universitas Bondowoso, Gereja Katolik Pohsarang Kediri, dan SMP Nazhatut Tullab Sampang. Sedangkan kategori media massa, diraih Majalah Suara Pendidikan Jombang, Majalah Akbar Tuban, dan Majalah Kabar Nganjuk.

Ditemui usai penghargaan, Siti Nur Kholifah Pemimpin Redaksi Majalah Kabar Nganjuk mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terbitnya Kabar Nganjuk terutama pembaca setia Kabar Nganjuk, Kominfo Kabupaten Nganjuk, dan Wabup Marhaen Djumadi atas support dan pembinaannya selama ini.(Nur/Bas)

Check Also

Persiapkan KBM Terbatas, Bupati Novi : Jangan Ada Cluster Baru

Nganjuk, KabarNganjuk.com- Memasuki era New Normal, Pemerintah Kabupaten Nganjuk mulai menggerakkan roda kegiatan di beberapa bidang. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *