Wednesday , October 21 2020
Home / Pendidikan / Gelorakan Semangat Literasi, Sunarto Serahkan 15 Buku Ke Perpusda Nganjuk
Dua dari kiri Muslim M. Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Nganjuk dan Sunarto M. Pd penulis sekaligus tenaga pengajar SMPN 1 Pace

Gelorakan Semangat Literasi, Sunarto Serahkan 15 Buku Ke Perpusda Nganjuk

Nganjuk, KabarNganjuk.com- Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk terus melakukan upaya untuk kembali menggelorakan semangat literasi khususnya kepada golongan-golongan muda di Kabupaten Nganjuk. Salah satunya yaitu dengan memberikan dorongan dan dukungan kepada perpustakaan daerah untuk meng-update koleksi-koleksi buku terbaru.

Sama halnya dengan Sunarto M. Pd seorang penulis sekaligus tenaga pengajar SMPN 1 Pace yang hari ini, Selasa (02/09/2020) menyerahkan karya-karyanya kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Nganjuk. Pasalnya, sudah ada sebanyak 15 buku yang berhasil diterbitkan dan mempunyai ISBN (International Standart Book Number) dari tahun 1990-an hingga sekarang.

Beberapa buku yang diserahkan salah satunya berjudul 50 Hakekat Hari, Kunci Sukses Bahasa Indonesia, dan Membedah Rahasia Penulisan KTI.

“Yang memotivasi saya untuk terus menulis adalah karena saya ingin agar anak-anak membaca tulisan saya. Selain itu, karena background saya bisa menulis, saya kira itu harus dicurahkan,” ungkap Sunarto.

Dirinya berharap bahwa buku-buku yang diserahkan kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Nganjuk bisa dibaca khalayak dan pengunjung perpustakaan Kabupaten Nganjuk. “Paling tidak setelah dibaca bisa memahami makna dari buku tersebut,” ungkapnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Muslim M. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Nganjuk menjelaskan bahwa buku-buku itu bisa menjadi sebuah pelajaran bagi orang lain dan juga untuk generasi mendatang.

“Apalagi di era millenium seperti sekarang ini, kemampuan menulis pada anak-anak perlu dibangkitkan kembali. Nantinya kami juga akan memprogramkan kegiatan-kegiatan seperti pelatihan menulis dan juga lomba-lomba menulis, ” jelasnya.

Sementara itu, dirinya juga menambahkan bahwa selain Sunarto S. Pd juga ada beberapa penulis lain asli putra daerah salah satunya yaitu berasal dari Kecamatan Kertosono.

“Kita diharapkan bisa memperkaya konten-konten lokal. Baik itu dalam bidang sosial, budaya atau ekonomi. Nantinya itu bisa menjadi khasanah kekayaan literatur baik di tingkat Provinsi maupun Pusat,” tambah Muslim.

Seperti yang telah diketahui, secara umum perpustakaan mempunyai beberapa fungsi salah satunya yaitu sebagai sumber informasi dan pusat dan pelestarian bahan pustaka. Sehingga diharapkan mempunyai nilai strategis bagi masyarakat Kabupaten Nganjuk.(Red)

Check Also

Tahun Ajaran Baru 2020-2021, MPLS Dilakukan Secara Online

Nganjuk, KabarNganjuk.com- Ditengah pandemi Covid-19 membuat para pelajar harus melakukan segala pembelajaran secara online, apalagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *