Sunday , January 24 2021
Home / Politik & Pemerintahan / Gelar Rakor Dengan Menko Luhut, Bupati Nganjuk Kawal 5 Proyek Ini
Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat

Gelar Rakor Dengan Menko Luhut, Bupati Nganjuk Kawal 5 Proyek Ini

Nganjuk, KabarNganjuk.com- Upaya pembangunan 5 Proyek Strategis Nasional (PSN) yakni Bendungan Semantok, Jalan Tol Nganjuk-Kediri, Kawasan Selingkar Wilis Selatan (SWS), Kawasan Industri Nganjuk (KING), dan Bendungan Margopatut terus dikawal oleh Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat.

Terkait proyek tersebut, Bupati Novi menggelar rakor dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Panjaitan dan beberapa menteri terkait secara daring, Rabu (20/01/2021).

Dalam pembicaraan tersebut, Menko Luhut meminta Pemkab Nganjuk untuk segera menyiapkan sejumlah dokumen pendukung agar PSN di Nganjuk bisa segera terealisasi, terutama Kawasan SWS dan KING.

Bupati Novi menjelaskan, bahwa pihaknya diminta melengkapi dokumen pendukung mulai FS (Feasibility Study), DED (Detail Engineering Design), dan RC-nya (Readiness Criteria).

“Ditargetkan dokumen tahun ini lengkap, sehingga Kawasan SWS dan KING bisa masuk Peraturan Presiden (Perpres) PSN lanjutan tahun 2022 nanti, “ harapnya.

Sedangkan terkait KING, Bupati Novi juga telah mempersiapkan lokasi KING 4 yang pada Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) terbaru berada di kawasan hutan Gondang. Hal tersebut mampu menarik perhatian pemerintah pusat untuk pengembangan.

“Potensi lahan hutan Gondang seluas sekitar 500 hektare yang telah dibahas dengan KPH Jombang yang membawai pengelolaan hutan Gondang. Selain itu, Kementerian terkait juga diminta untuk mendukung prosesnya,” jelasnya.

Diketahui, dari 5 PSN di Nganjuk, 2 diantaranya yakni Bendungan Semantok dan jalan tol Nganjuk – Kediri telah berproses pembangunannya. 3 PSN lain yakni KING, Kawasan SWS, dan Bendungan Margopatut terus dipacu agar cepat terealisasi.(Hms/Red)

Check Also

Membaca Arah Politik DPC PDIP Nganjuk

KabarNganjuk.com- Beberapa hari lalu, Ketua DPC PDIP Nganjuk, Tatit Heru Cahyono, melayangkan surat peringatan kepada Bupati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *