Saturday , August 8 2020
Home / Pendidikan / Gala Siswa Indonesia 2020 diikuti 2000 Pelajar se-Kabupaten Nganjuk

Gala Siswa Indonesia 2020 diikuti 2000 Pelajar se-Kabupaten Nganjuk

Nganjuk, KabarNganjuk.com- Untuk membentuk karakter anak didik berprestasi melalui kompetisi sains dan olahraga dalam pendidikan Akademik dan Non-Akademik, Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Pendidikan menggelar Upacara Pembukaan Gala Siswa Indonesia (GSI) Tahun 2020 di GOR Bung Karno, Senin (02/03/2020).

Kegiatan Gala Siswa Indonesia (GSI) meliputi Olimpiade Sains Nasional (OSN), Festival dan Lomba Siswa Nasional (FLS2N), Festival Literasi Siswa Nasional (FLN), Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN).

Turut hadir Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk, Jajaran Forkopimda Nganjuk, Anggota DPRD Kabupaten Nganjuk, Kepala OPD, Kepala Sekolah, Guru dan Siswa.

Sebanyak 2000 pelajar mulai tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Nganjuk ikut serta dalam kegiatan tersebut dan sebanyak 259 Juri dan Wasit dengan jenis kegiatan yang dilombakan Olimpiade Sain meliputi Matematika, IPA dan IPS. Festival Seni Siswa Nasional (FLS2N) meliputi Karya Seni Tari, Gambar Bercerita, Kriya Anyam, Menyanyi Tunggal, Melukis, Pantomim, Baca Puisi, Membatik, Desain Poster Digital, Gitar Duet, MTQ dan Hadrah.

Festival Literasi Siswa Nasional (FLN) meliputi Mendongeng, Cipta Pantun dan Story Telling. Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) meliputi Sepak Bola, Bola Volly, Atletik, Bulutangkis, Karate, Pencak Silat, Renang, Tenis Meja dan Catur.

Bupati Novi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sesuai arah pembangunan Kabupaten Nganjuk dalam Tri Cita Bhakti, yaitu menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas. “Kegiatan ini merupakan sarana penjaringan bagi siswa yang berprestasi Non-Akademik demi mengikuti kejuaraan di tingkat Provinsi maupun Nasional,” ujar Mas Novi sapaan akrabnya.

Lebih lanjut Mas Novi menjelaskan bahwa anak didik harus mempunyai jiwa yang sportif dalam melaksanakan kompetisi ini, sehingga dapat mencapai prestasi yang diinginkan. Mas Novi juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membawa Kabupaten Nganjuk menjadi maju, bermartabat dan berprestasi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pemberian wadah prestasi baik Akademik maupun Non-Akademik kepada peserta didik, menyediakan ruang kompetisi dengan talenta yang dimilikinya. Diakhir acara, Bupati Nganjuk bersama Forkopimda bermain badminton dan jugling bola bersama pelajar SMPN 7 Nganjuk.(Hms-Red)

Check Also

Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Covid – 19

KabarNganjuk.com- Peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah, menjadi kunci penting dalam memajukan sekolah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *