Kabar Nganjuk https://kabarnganjuk.com Autentik Dan Terpercaya Sat, 17 Apr 2021 08:25:46 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.17 Program SDGs Bantu Pemerintah Desa Berdayakan Masyarakat https://kabarnganjuk.com/program-sdgs-bantu-pemerintah-desa-berdayakan-masyarakat/ https://kabarnganjuk.com/program-sdgs-bantu-pemerintah-desa-berdayakan-masyarakat/#respond Sat, 17 Apr 2021 08:25:46 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=12611 Rejoso, KabarNganjuk.com- SDGs (Sustainable Development Goverments) merupakan sebuah program pembangunan berkelanjutan dengan tujuan untuk kesejahteraan manusia, mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs ini juga salah satu upaya terpadu pembangunan desa untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Program yang diluncurkan oleh Kementrian Desa ini juga tengah dijalankan oleh beberapa desa di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk, diantaranya seperti Desa Talang dan Desa Mojorembun. Dimana, penyusunan, penyelarasan arah kebijakan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa dilakukan melalui sistem informasi desa.

Ditemui di kediamannya, Kepala Desa Talang Suparlan menjelaskan bahwa kini pihaknya memasuki tahap sosialisasi terkait pembentukan relawan pokja serta pemberdayaan masyarakat.

Kepala Desa Talang Suparlan.

“Ada 18 kategori yang didata secara menyeluruh dan mendalam. Pendataan dimulai individu, keluarga, dan lingkungan. Nantinya, semua orang tidak terlepas dari pendataan. Kalau itu dilakukan dan diterapkan, tidak akan ada orang miskin, tidak akan ada orang kelaparan dan sangat membantu pemerintah desa,” ungkap Suparkan.

Menurutnya, jika program SDGS ini bisa berjalan akan sangat membatu pemerintah desa dalam pemberdayaan masyarakat desa. di dalam program ini pemerintah desa bisa melihat berapa persen warga yang tingkat ekonominya rendah.

Sementara itu, Kepala Desa Mojorembun Bambang Suparno mengatakan, program SDGs di Desa Mojorembun sudah berjalan dan tim relawan pendata sudah terbentuk. Tim relawan ini sendiri merupakan dari ketua RT dan karang taruna. Sedangkan anggaran program Program tersebut bersumber dari APBDes, bisa diakses dari (DD) Dana Desa atau PAD (Pendapatan sli Daerah).

“Sehingga diharapkan dari program SDGS ini nantinya pemerintah desa bisa lebih mudah menentukan program apa yang akan dilakukan untuk masyarakat seperti pembangunan fisik maupun non fisik terkait denga bansos, hak masyarakat tentang kesehatan. Diharapkan bisa menampilkan informasi dengan akurasi yang tinggi termasuk data dinamis data kependudukan,” pungkasnya.

Kepala Desa Mojorembu Bambang Suparno.

Sebanyak 18 kategori tersebut adalah mengakhiri segala bentuk kemiskinan, mengakhiri kelaparan, menjamin kehidupan yang sehat serta mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia, menjamin pendidikan yang inklusif, menjamin kesetaraan gender serta memberdayakan perempuan, menjamin ketersediaan dan pengelolaan air serta sanitasi yang berkelanjutan, menjamin akses energi yang terjangkau, mendorong pertumbuhan ekonomi terus-menerus, inklusif, dan berkelanjutan, membangun infrasturktur yang berketahanan.

Lalu, mengurangi kesenjangan di dalam dan di antara negara, menjadikan kota dan pemukiman manusia aman dan berkelanjutan, menjamin pola produksi dan konsumsi yang berkelanjutan, mengambil tindakan segera untuk memerangi perubahan iklim serta dampaknya, melestarikan dan menggunakan samudra dan sember daya laut secara berkelanjutan, melindungi dan memperbaharui ekosistem darat yang berkelanjutan, mendorong masyarakat yang damai dan inklusif, memperkuat perangkat-perangkat implementasi serta dinamis dan adaptif.(Red)

]]>
https://kabarnganjuk.com/program-sdgs-bantu-pemerintah-desa-berdayakan-masyarakat/feed/ 0
Menang PTUN Sihat Raharjo Resmi Dilantik, Wabup Marhaen : Pemimpin Harus Merangkul Semua Kalangan https://kabarnganjuk.com/menang-ptun-sihat-raharjo-resmi-dilantik-wabup-marhaen-pemimpin-harus-merangkul-semua-kalangan/ https://kabarnganjuk.com/menang-ptun-sihat-raharjo-resmi-dilantik-wabup-marhaen-pemimpin-harus-merangkul-semua-kalangan/#respond Fri, 16 Apr 2021 05:11:03 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=12603 Nganjuk, KabarNganjuk.com- Sihat Raharjo Kades terpilih Desa Mojoduwur Kecamatan Kecamatan Ngetos akhirnya resmi dilantik, Sihat telah memenangkan gugatan di pengadilan tata usaha negara dengan tergugat Bupati Novi Rahman Hidayat.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Nganjuk melakukan pengangkatan dan pengesahan terhadap Kepala Desa Mojoduwur Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk yang terpilih yakni Sihat Rahardjo dengan masa jabatan 2019-2025, Jum’at (16/04/2021).

Pengesahan Sihat Rahardjo sebagai Kepala Desa Mojoduwur dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi secara tertutup di Ruang Rapat Anjuk Ladang Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk Moh. Yasin, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Abdul Wakid, Forkopimda, serta beberapa perwakilan warga Desa Mojoduwur.

Usai pelantikan, Wabup Marhaen menjelaskan, pelantikan ini merupakan proses panjang upaya-upaya hukum yang dilakukan oleh Sihat Rahardjo selaku Kepala Desa Mojoduwur terpilih.

“Sebelumnya memang banyak isu-isu sosial, namun kita ini harus menjaga stabilitas Kabupaten Nganjuk apalagi ini masih pandemi Covid-19 dan juga moment bulan puasa. Sehingga, kita lakukan secara sederhana,” pungkasnya.

Terkait ketidakhadiran Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat dalam pelantikan, Wabup Marhaen mengatakan bahwa Bupati Novi berhalangan hadir karena sedang ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan.

“Tugas berat sebagai seorang pemimpin adalah merangkul semua kalangan. Saya yakin dan optimis bahwa masyarakat Desa Mojoduwur sudah dewasa tidak mudah di provokasi. Jadi, saya ucapkan selamat dan sukses kepada Sihat Rahardjo yang terpilih sebagai Kepala Desa Mojoduwur,” tambah Wabup Marhaen.

Sementara itu, Sihat Rahardjo berkomitmen akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Desa Mojoduwur. “Saya sangat puas dengan pelantikan ini karena hal itu menandakan perjuangan kami telah berhasil dengan baik,” tegasnya.

Pelantikan berlangsung dengan pengamanan yang ketat dari petugas gabungan. Kurang lebih sebanyak 60 personil diturunkan untuk mengamankan area Pendopo Kabupaten Nganjuk. (Red)

]]>
https://kabarnganjuk.com/menang-ptun-sihat-raharjo-resmi-dilantik-wabup-marhaen-pemimpin-harus-merangkul-semua-kalangan/feed/ 0
Curi Sepeda Motor, Pelajar Ini Dilaporkan Ke Polsek Prambon https://kabarnganjuk.com/curi-sepeda-motor-pelajar-ini-dilaporkan-ke-polsek-prambon/ https://kabarnganjuk.com/curi-sepeda-motor-pelajar-ini-dilaporkan-ke-polsek-prambon/#respond Thu, 15 Apr 2021 07:46:48 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=12598 Prambon, KabarNganjuk.com- MT (17) pelajar asal Kecamatan Prambon Kabupaten ini harus mempertanggungjawabkan perbuatannya setelah kedapatan mencuri 1 unit sepeda motor, Senin (12/04/2021).

Kasubbag Humas Polres Nganjuk Iptu Supriyanto mengatakan bahwa kejadian tersebut bermula saat Fatchan (19) pelajar asal Dusun Combre Desa Gondanglegi Kecamatan Prambon membawa sepeda motor miliknya jenis Honda Tiger Nopol AG 6615 XX tahun 2019 ke bengkel motor “AWAL” yang juga beralamatkan di Desa Gondanglegi.

“Fatchan menyerahkan sepeda motor miliknya dengan tujuan untuk di service. Kemudian oleh Awaludin (30), sepeda motor itu diperbaiki dengan cara membongkar mesin (turun mesin),” jelasnya.

Sementara, Fatchan melihat sendiri bahwa sepeda motor miliknya yang berada di bengkel sekitar jam 16.00 WIB tersebut dalam keadaan mesin sepeda motor terlepas atau dibongkar oleh Awaludin.

“Namun, keesokan harinya sekira jam 08.00 WIB, saat Awaludin membuka pintu bengkel ia melihat sepeda motor dan mesin sepeda motor milik Fatchan sudah tidak ada,” pungkas Iptu Supriyanto.

Lalu, Awaludin menanyakan hal tersebut kepada Ahmad Rizki (29) yang saat itu tidur dibengel. Namun, Ahmad Rizki mengaku tidak mengetahui hal tersebut.

Selanjutnya, pada hari Senin 12 April 2021, Fatchan beserta saksi berhasil mengamankan MT beserta barang bukti berupa sepeda motor dan dilaporkan ke Polsek Prambon guna proses hukum.(Nur)

]]>
https://kabarnganjuk.com/curi-sepeda-motor-pelajar-ini-dilaporkan-ke-polsek-prambon/feed/ 0
Diguyur Hujan Deras, Kantor Kec. Lengkong Terendam Banjir https://kabarnganjuk.com/diguyur-hujan-deras-kantor-kec-lengkong-terendam-banjir/ https://kabarnganjuk.com/diguyur-hujan-deras-kantor-kec-lengkong-terendam-banjir/#respond Thu, 15 Apr 2021 04:03:55 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=12592 Lengkong, KabarNganjuk.com- Intensitas hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Nganjuk pada hari Rabu (14/04) membuat beberapa wilayah di Kabupaten Nganjuk tergenang air.

Salah satunya Kecamatan Lengkong, ada 5 desa yang terendam banjir yakni Desa Banjardowo dan Desa Lengkong yang paling parah terdampak banjir, dan tiga lainnya Desa Jegreg, Desa Balongasem dan Desa Kedungmlaten.

Camat Dono (baju biru), BPBD Nganjuk Gunarto (berompi hitam).

Bahkan kantor Kecamatan Lengkong pun terendam banjir, Dono Prasojo Camat Lengkong mengatakan banjir yang terjadi di beberapa desa ini disebabkan curah hujan yang tinggi dan hutan kengkeng yang saat ini gundul sehingga air tidak dapat terserap dan menggenangi sebagain Kecamatan Lengkong.

“Hal ini disebabkan karena hutan kengkeng yang ada di Kec. Gondang gundul sehingga air hujan langsung turun ke pemukiman warga,” ujar Camat Dono di Pendodpo Kecamatan Lengkong.

Sementara Gunarto Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Nganjuk mengatakan banjir yang menggenangi Kantor Kecamatan Lengkong mencapai ketinggian sekitar 20 cm, dan kali ini BPBD turun langsung ke lokasi untuk memberikan bantuan sebagai penanggulangan bencana dengan membuat tanggul sementara.

“Selain di Kecamatan Lengkong, banjir juga melanda di Desa Petak Kecamatan Bagor, namun saat ini sudah bisa teratasi,” ungkap Gunarto.

Terlihat dalam pantaun tim Kabar Nganjuk, banjir juga menggenangi seluruh bagian ruangan kantor Kecamatan Lengkong.(Nur)

]]>
https://kabarnganjuk.com/diguyur-hujan-deras-kantor-kec-lengkong-terendam-banjir/feed/ 0
Pengisian Perangkat Desa, Camat Darmantono Sampaikan 3 Kesiapan di Kec. Gondang https://kabarnganjuk.com/pengisian-perangkat-desa-camat-darmantono-sampaikan-3-kesiapan-di-kec-gondang/ https://kabarnganjuk.com/pengisian-perangkat-desa-camat-darmantono-sampaikan-3-kesiapan-di-kec-gondang/#respond Wed, 14 Apr 2021 06:01:34 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=12579 Gondang, KabarNganjuk.com- Untuk mengisi kekosongan 13 formasi perangkat desa di Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk, sesuai Perbup No 11 tahun 2021 saat ini sebelas desa telah melakukan tahapan, pengisian perangkat desa dengan membuka pendaftaran.

Hal tersebut diatas disampaikan Darmantono Camat Gondang Kabupaten Nganjuk, Rabu (14/04) kepada Kabar Nganjuk diruang kerjanya

Sebelumnya pemerintah Kecamatan Gondang telah melakukan sosialisasi, dan desa menyatakan diri siap, dengan menyampaikan 3 kesiapan, yang pertama kesiapan anggaran, yang kedua Susunan Organisasi dan Tata Kerja (STOK) perangkat desa, dan yang ketiga adalah ganjaran yang berupa bengkok itu ada.

Dengan kesiapan tersebut, Camat Gondang mengekeluarkan surat rekomendasi, pada dasarnya kesiapan pengisian perangkat desa ini harus saya apresiasi, saya dukung agar semuanya bisa berjalan lancar

Karena pengisian perangkat desa ini sepenuhnya kewenangan desa, sehingga dalam hal ini, Forpimcam hanya sebagai pengawas.

“Saya minta tolong kepada desa yang melakukan pengisian perangkat desa untuk melakasanakan sesuai mekanisme yang ada, pakai aturan regulasi yang ada. Kepada para calon perangkat desa diharapkan dapat memahami Peraturan Bupati (Perbup),” tutur Darmantono.

Camat Darmantono juga mengatakan bahwa dalam hal ini pihaknya memberikan kesempatan pada semua orang, karena sekarang untuk pendaftaran perangkat desa tidak harus warga desa setempat.

“Saya berharap setelah mekanisme ini selesai, pekerjaan pemerintah desa semakin optimal sehingga program – program pemerintah bisa berjalan lancar,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Desa Balonggebang Zainal Abidin saat ditemui diruang kerjanya,
mengatakan hal serupa, kesiapan desa Balonggebang dalam pengisian perangkat memang sudah dianggarkan dalam APBDes dan dirinya menambahkan, di Desa Balonggebang hanya satu posisi yang kosong yaitu Sekertaris desa yang biasa disebut carik.

Berbeda dengan Desa Kedungglugu, di temui di kediamannya Sartono Kepala Desa Kedung Glugu mengatakan bahwa ada dua formasi lowongan perangkat desa yang saat ini masih kosong. Dan sampai dengan saat belum ada yg mendaftar meskipun pendaftaran sudah dibuka, dan akan ditutup pada 19 April 2021.

Lebih lanjut dirinya berharap kepada seluruh elemen masyarakat, Wartawan, LSM, Tokoh Masyarakat semua ikut medukung dan membantu agar situasi tetap kondusif kususnya diwilayah Kecamatan Gondang, dan di Kabupaten Nganjuk pada umumnya agar pengisian perangkat desa bisa berjalan dengan lancar.

Sementara di tempat terpisah AKP Alex Chandra Kapolsek Gondang kepada Kabar Nganjuk mengatakan, terkait pengisian perangkat desa di 11 desa di Gondang, pihaknya siap menjaga kamtibmas melalui Bhabinkamtibmas di masing – masing desa, sampai sejauh ini Kec. Gondang aman kondosif.(Nur)

]]>
https://kabarnganjuk.com/pengisian-perangkat-desa-camat-darmantono-sampaikan-3-kesiapan-di-kec-gondang/feed/ 0
Ungkap Kasus Persetubuhan Terhadap Anak Dibawah Umur, 1 Tersangka Diamankan Polisi https://kabarnganjuk.com/ungkap-kasus-persetubuhan-terhadap-anak-dibawah-umur-1-tersangka-diamankan-polisi/ https://kabarnganjuk.com/ungkap-kasus-persetubuhan-terhadap-anak-dibawah-umur-1-tersangka-diamankan-polisi/#respond Wed, 14 Apr 2021 01:22:47 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=12576 Nganjuk, KabarNganjuk.com- HD (38) warga Desa Mekikis Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri mendatangi SPKT Polres Nganjuk guna melaporkan EL yang telah menyetubuhi anaknya, Senin (12/04/2021).

Kasubbag Humas Polres Nganjuk Iptu Supriyanto mengungkapkan bahwa kronologi kejadian tersebut berawal dari HD yang merupakan ibu EG baru pulang dari bekerha dan mendapati EG sedang menangis dengan ditemani teman-temannya.

“Saat itu, HD menanyakan kenapa EG menangis. Dan akhirnya teman-temannya menjelaskan bahwa EG telah disetubuhi EL sebanyak 3 kali,” pungkasnya.

Mengetahui hal tersebut, HD merasa tidak terima atas kebenaran kejadian tersebut dan melaporkan EL ke SPKT Polres Nganjuk guna proses hukum lebih lanjut.

“Diketahui, EL (19) merupakan warga Desa Rowomarto Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk. Sedangkan tempat EL menyetubuhi EG berada di salah satu rumah di Dusun Jabon Desa Drenges Kecamatan Kertosono,” jelas Iptu Supriyanto.

Selanjutnya, barang bukti yang diamankan yakni 1 lembar Visum Et Repertum.

Kini, tersangka dijerat pasal pasal 81 ayat (2) dan/atau pasal 82 ayat (1) UURI No 23 th 2002 ttg Perlindungan Anak sebagaimana telah diubah dengan UU No 35 Th 2014 tentang perubahan atas UU No 23 th 2002 ttg perlindungan anak dan UU No 17 th 2016 atas perubahan kedua atas UU No 23 th 2002 ttg Perlindungan Anak menjadi Undang Undang.(Nur)

]]>
https://kabarnganjuk.com/ungkap-kasus-persetubuhan-terhadap-anak-dibawah-umur-1-tersangka-diamankan-polisi/feed/ 0
Pencuri Asal Wilangan Ini Berhasil Diamankan Petugas Resmob Satreskrim Polres Nganjuk https://kabarnganjuk.com/pencuri-asal-wilangan-ini-berhasil-diamankan-petugas-resmob-satreskrim-polres-nganjuk/ https://kabarnganjuk.com/pencuri-asal-wilangan-ini-berhasil-diamankan-petugas-resmob-satreskrim-polres-nganjuk/#respond Tue, 13 Apr 2021 15:26:40 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=12572 Nganjuk, KabarNganjuk- Petugas Resmob SatReskrim Polres Nganjuk kini harus memberikan tindakan tegas terukur kepada PTT (33) warga Dsn. Jatisari  Ds. Wilangan Kec. Wilangan Kab. Nganjuk.

Diketahui, PTT merupakan pelaku pencurian dengan pemberatan di salah satu rumah warga Desa Wilangan Kec. Wilangan Kab. Nganjuk pada hari Sabtu 27 Februari 2021 sekitar pukul 01.00 wib.

Kasubbag Humas Polres Nganjuk Iptu Supriyanto menjelaskan bahwa pelaku melakukan pencurian dalam rumah dengan cara masuk dengan mencongkel jendela.

“Kemudian masuk ke dalam rumah, selanjutnya mengambil barang berupa 2 (dua) unit handphone merk VIVO Y93 dan merk REDMI Not 8 warna biru dan uang tunai sebesar Rp 250.000,” ungkap Iptu Supriyanto.

Lalu, pada hari Senin tanggal 12 April 2021 sekira jam 13.30 wib di Ds. Kandangan Kec. Baron Kab. Nganjuk telah dilaksanakan penangkapan penggeledahan di rumah teman tersangka.

Iptu Supriyanto menambahkan, petugas melakukan tindakan tegas dan terukur karena tersangka berusaha melarikan diri.(Nur) 

]]>
https://kabarnganjuk.com/pencuri-asal-wilangan-ini-berhasil-diamankan-petugas-resmob-satreskrim-polres-nganjuk/feed/ 0
Tolak Pelantikan Kepala Desa Baru, Warga Mojoduwur Hearing Dengan DPRD https://kabarnganjuk.com/tolak-pelantikan-kepala-desa-baru-warga-mojoduwur-hearing-dengan-dprd/ https://kabarnganjuk.com/tolak-pelantikan-kepala-desa-baru-warga-mojoduwur-hearing-dengan-dprd/#respond Tue, 13 Apr 2021 06:58:43 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=12566 Nganjuk, KabarNganjuk.com- Komisi A DPRD Kabupaten Nganjuk menggelar hearing dengan warga Desa Mojoduwur terkait penolakan warga Desa Mojoduwur yang menolak pelantikan kepala desa baru, Senin (12/04/2021).

Namun, hearing tersebut berlangsung tertutup dan awak media hanya dapat mendengar dari luar ruang rapat.

Jumali kepala desa yang SK-nya dicabut Bupati pada 10 Maret 2021 lalu ini mengaku menerima jika SK-nya dicabut. Namun yang membuat dirinya dan masyarakat tidak terima adalah adanya pelantikan kepala desa yang baru.

Jumali

“Saya meminta kepada Bupati untuk mengangkat PJ. tetapi jika Bupati tetap nekat melakukan pelantikan, maka masyarakat tidak akan terima,” jelasnya.

Selain itu, Jumali juga mengaku telah diadu domba dengan Dewan. “Menurut Bupati, pelantikan Sihat Raharjo atas desakan dewan, namun ternyata tidak ada desakan dari DPRD,” pungkas Jumali.

Ketua Komisi A Kabag Hukum Mashudi

Sementar itu, Ketua Komisi A Kabag Hukum Mashudi mengatakan bahwa pemberhentian Kades Mojoduwur sesuai dengan keputusan Mahkamah Agung.

“Dewan bagian dari pengawas, maka semua keputusan diserahkan kepada pemerintah daerah. Tetapi Jumali masih bisa melakukan upaya hukum,” ungkap Mashudi. (Red)

]]>
https://kabarnganjuk.com/tolak-pelantikan-kepala-desa-baru-warga-mojoduwur-hearing-dengan-dprd/feed/ 0
Penyampaian LKPJ Bupati Tahun 2020, Ini Masukan Dewan Untuk Bupati https://kabarnganjuk.com/penyampaian-lkpj-bupati-tahun-2020-ini-masukan-dewan-untuk-bupati/ https://kabarnganjuk.com/penyampaian-lkpj-bupati-tahun-2020-ini-masukan-dewan-untuk-bupati/#respond Tue, 13 Apr 2021 03:37:36 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=12553 KabarNganjuk.com- Rapat Paripurna tentang penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Nganjuk Tahun anggaran 2020 telah dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Nganjuk, Senin (12/04).

Paripurna yang dipimpin oleh Jianto ini dihadiri Bupati Novi Rhman Hidayat, Ketua DPRD Tatit Heru Tjahjono, Wakil Bupati Marhaen Djumadi, Sekertaris Daerah Mokhamat Yasin, dan kurang lebih 22 Anggota Dewan dan OPD Nganjuk.

Dalam penyampaian LKPJ Bupati Novi mengajak Forkopimda untuk bersama – sama membangun sinergitas untuk pemulihan ekonomi ditengah pandemi Covid-19.

Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat

“Kita semua tahu, kondisi perekonian kita di tahun 2020 sangat berat baik di sektor pariwisata, IKM/UKM dan peningkatan angka pengangguran sehingga penurunan pada umumnya pada tahun 2019 kita mines di 1,7 persen. Karena hal itu saya berharap ada sinergitas antar pemerintah eksekutif maupun legeslatif untuk melakukan pemulihan ekonomi,” ujar Bupati Novi.

Usai penyampaian LKPJ, ada empat Dewan yang menyampaikan saran kepada Bupati, salah satunya dalam penyampaian LKPJ sebaikan bisa dilaksanakan tepat waktu, karena hal itu merupakan komitmen bersama, dan penyampaian LKPJ setelah akhir tahun paling lambat tiga bulan karena jika tidak segera dilakukan  akan berdampak ke yang lain.

Selain itu, Dewan juga meminta Bupati untuk segera mengisi jabatan Kepala OPD yang kosong, karena jika dibutuhkan koordinasi dewan meras bingung harus berkoordinasi dengan siapa.

Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono

Sementara diruang kerjanya, Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono mengatakan LKPJ ini merupakan sesuatu yang biasa, ini hanya rekomendasi dan LKPJ, ini biasanya dibahas oleh DPRD lewat Badan Anggaran. ” Mulai besok sudah bisa membahas LKPJ tahun 2020, nanti akan kami cermati, kegiatan apa saja yang perlu kita rekomendasikan untuk pelaksanaan pada tahun berikutnya dalam rangka tata kelola pemerintahan yang lebih baik,” ungkapnya.

Ketua DPRD juga menjelaskan, beberapa masukan yang disampaiakan Bupati dalam Paripurna tersebut, salah satunya anggota DPRD sudah komitmen pembahasan anggaran tiap akhir tahun kita sudah selesai, dan kita memberi masukan, karena sampai hari ini pada pelaksanàn LKPJ molor, seharus pada bulam Maret sudah ada kegiatan seperti pembangunan jalan dan lain – lain, namun sampai hari ini informasi masih nol.

“Ini masukan, yang harusnya sudah dikomitmeni bersama antara eksekutif legelatif juga dilakukan oleh eksekutif. Seperti tahun – tahun sebelumnya juga tidak ada berubahan tetap molor, maka kami meminta kepada saudara Bupati untuk berkomitmen melaksanakan ini,” tegasnya.

Selain itu, masukan terkait beberapa OPD yang belum diisi, Bupati menyampaikan hari ini sudah ditandatangai Plt, “Karena kewenangan Plt juga terbatas, kepada Plt kita berharap jangan lama – lama maksimal dua bulan sudah cukup, sambil mencari siapa yang pantas disitu. Semoga apa yang disampaikan Bupati bisa benar – benar dilaksanakan sesua apa yang diucapakan,” pungkas Ketua DPRD Tatit Heru Tjahjono.(Red) 

]]>
https://kabarnganjuk.com/penyampaian-lkpj-bupati-tahun-2020-ini-masukan-dewan-untuk-bupati/feed/ 0
Kapolda Jatim Tinjau Lokasi Gempa Serta Ikuti Launching Polri TV Dan Radio https://kabarnganjuk.com/kapolda-jatim-tinjau-lokasi-gempa-serta-ikuti-launching-polri-tv-dan-radio/ https://kabarnganjuk.com/kapolda-jatim-tinjau-lokasi-gempa-serta-ikuti-launching-polri-tv-dan-radio/#respond Tue, 13 Apr 2021 02:50:03 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=12548 KabarNganjuk.com- Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta didampingi Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko dan Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim, mengikuti kegiatan Launching Polri TV dan Radio Presisi secara virtual di lokasi terdampak gempa bumi, desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, pada Senin (12/4/2021).

Sebelum mengikuti acara Launching Polri TV dan Radio Presisi, Kapolda bersama rombongan terlebih dahulu meninjau lokasi yang terdampak gempa bumi di Kabupaten Malang.

Kapolda Jatim menyapa warga yang terdampak, dan memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok guna meringankan beban warga terdampak bencana.

Bertempat di Posko Penanganan Pasca Gempa, Desa Majang Tengah, Kecamatan, Dampit Kabupaten Malang, Kapolda dan Kabid Humas Polda Jatim serta PJU, di dampingi Forkopimda Kabupaten Malang, memberikan dukungan moral kepada korban bencana alam, sekaligus mensosialisasikan Polri TV dan Radio Presisi kepada masyarakat.

“Dengan harapan masyarakat dapat dengan mudah mengetahui informasi terbaru khususnya terkait situasi kamtibmas,” Ucapnya Kapolda Jatim.

Lounching Polri TV dan Radio yang merupakan implementasi Program Bapak Kapolri Presisi, untuk pemantapan komunikasi publik serta terkait sinergitas stake holder dalam penanganan pasca gempa, untuk mempercepat pemulihan keadaan di Kabupaten Malang.

(Subbag Humas Res Nganjuk) 

]]>
https://kabarnganjuk.com/kapolda-jatim-tinjau-lokasi-gempa-serta-ikuti-launching-polri-tv-dan-radio/feed/ 0