Kabar Nganjuk https://kabarnganjuk.com Autentik Dan Terpercaya Mon, 21 Jun 2021 12:10:35 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.18 Forkopimda Lumajang Salurkan Bantuan Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 https://kabarnganjuk.com/forkopimda-lumajang-salurkan-bantuan-untuk-masyarakat-terdampak-covid-19/ https://kabarnganjuk.com/forkopimda-lumajang-salurkan-bantuan-untuk-masyarakat-terdampak-covid-19/#respond Mon, 21 Jun 2021 08:52:52 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=13544 KabarNganjuk.com- Forkopimda Kabupaten Lumajang gelar apel pendistribusian bantuan beras dan masker dari yayasan Budha Tzu Chi dan Pengusaha Peduli NKRI, untuk masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah Kabupaten Lumajang, Senin (21/6/2021), di lapangan GOR Wira Bhakti.

Apel pendistribusian bantuan ini dipimpin oleh Bupati Lumajang H Thoriqul Haq, didampingi Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, dan Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf Andi A. Wibowo, Danyon inf 527 Lumajang, Letkol Inf Alexander Teranta.

Selain itu juga hadir PJU Polres Lumajang, Kodim 0821 Lumajang dan OPD Pemkab Lumajang, dengan pasukan apel Babinkamtibmas jajaran Polres Lumajang, Babinsa jajaran Kodim 0821 Lumajang dan Satpol PP Kabupaten Lumajang, serta perwakilan dari Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia dan Pengusaha Peduli NKRI.

Dalam sambutannya Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia dan Pengusaha Peduli NKRI, yang telah memberikan bantua berupa beras sebanyak 35 Ton, yang dikemas menjadi 3.500 paket 10 Kg, dan 70.000 masker, untuk masyarakat Lumajang ditengah pandemi Covid-19.

“Tentunya bantuan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat Lumajang di masa-masa pandemi Covid 19 seperti ini.” Kata Kapolres Lumajang

Ia menambahkan bahwa di seluruh Jawa Timur terjadi peningkatan Covid-19 termasuk di Kabupaten Lumajang, meskipun masih terkendali dan berada di zona kuning, sinergitas TNI, Polri dan Pemkab Lumajang akan terus ditingkatkan untuk penanganan permasalahan terkait Covid-19 yang terjadi di tengah masyarakat.

“Upaya-upaya pencegahan terkait penyebaran Covid-19 terus kita galakkan, program Presiden 1 juta vaksinasi 1 hari, edukasi 5M dan Operasi Yustisi terus kita lakukan bersama tiga pilar, dan saat pendistribusian bantuan dapat melakukan patroli sembari memberikan pesan kamtibmas dan pencegahan Covid-19,” tambahnya.

Sementara, Dandim 0821 Lumajang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dari saudara kita Yayasan Budha Tzu Chi dan Pengusaha Peduli NKRI untuk masyarakat Lumajang yang terdampak Covid 19.

“Dalam kegiatan pendistribusian yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa kepada masyarakat nanti juga sambil memberikan pemahaman terkait pencegahan penyebaran Covid 19, tegas namun humanis,” kata Letkol Inf Andi A. Wibowo.

“Tiga Pilar agar terus bersinergi dalam kegiatan Operasi Yustisi dan edukasi penerapan protokol kesehatan jangan hanya formalitas, namun kita harus serius, kita harus bertahan hidup berdampingan dengan Covid-19 dengan penerapan Protokol Kesehatan 5M kita utamakan.” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan, Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, bantuan yang diberikan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan Pengusaha Peduli NKRI, yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Lumajang.

“Saat ini di wilayah Kabupaten Lumajang terjadi peningkatan angka Covid-19 secara signifikan. Bantuan berupa beras dan masker ini sebagai stimulan untuk kita terus melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid 19.” kata Bupati Lumajang.

Sementara, Valentino perwakilan dari Yayasan Budha Tzu Chi menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan di seluruh Jawa Timur untuk masyarakat terdampak Covid-19.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini, setidaknya masyarakat dapat bertahan dengan kondisi ekonomi yang seperti ini.” ujar Valentino.

Usai apel, Forkopimda Kabupaten Lumajang dan perwakilan Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia dan Pengusaha Peduli NKRI, secara simbolis melepas pendistribusian bantuan tersebut, dilanjut menuju ke Kampung Karyawisma RT 02 & 03 RW 20, Kelurahan Tompokersan, Kecamatan Lumajang. Untuk menyerahkan secara langsung bantuan beras dan masker kepada masyarakat sebanyak 25 orang.

Sumber : Sub Bagian Humas Polres Nganjuk

]]>
https://kabarnganjuk.com/forkopimda-lumajang-salurkan-bantuan-untuk-masyarakat-terdampak-covid-19/feed/ 0
Tandai Bulan Bung Karno, Gondo Hariyono Ajak Tetap Guyup Rukun https://kabarnganjuk.com/tandai-bulan-bung-karno-gondo-hariyono-ajak-tetap-guyup-rukun/ https://kabarnganjuk.com/tandai-bulan-bung-karno-gondo-hariyono-ajak-tetap-guyup-rukun/#respond Mon, 21 Jun 2021 05:50:39 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=13539 Pace, KabarNganjuk.com- Tetap guyub rukun dan gotong royong merupakan dua hal yang ditegaskan Gondo Hariyono saat memberi sambutan pada kegiatan Haul Bung Karno di kantor PAC PDI Perjuangan Kecamatan Pace, Minggu (20/06/2021).

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut BP Pemilu DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nganjuk, Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Pace beserta pengurus, perwakilan dari CV. Semi serta tetangga sekitar Desa Kecubung Kecamatan Pace.

Dirinya mengungkapkan, meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19 semangat kegotong-royongan tidak boleh luntur apalagi hilang.

Rombongan berziarah ke makam Bung Karno

“Apalagi di moment Haul Bung Karno seperti sekarang ini seharusnya bisa kembali menyulut semangat gotong royong kita menuju Indonesia maju,” ungkapnya.

Gondo Hariyono juga mengajak seluruh masyarakat agar tetap semangat menjalani hidup dan tetap produktif.

“Karena pandemi Covid-19, kita harus semakin kreatif dan mampu memunculkan inovasi-inovasi baru sesuai nilai-nilai luhur yang telah diwariskan oleh Sang Proklamator,” jelasnya.

Selanjutnya, rombongan juga bergeser ke makam Bung Karno bersama PT. Limmas Anugerah Plasindo.(Red)

]]>
https://kabarnganjuk.com/tandai-bulan-bung-karno-gondo-hariyono-ajak-tetap-guyup-rukun/feed/ 0
PAC PDI Perjuangan Giat Bulan Bung Karno, Teladani Pemikiran Bapak Bangsa https://kabarnganjuk.com/pac-pdi-perjuangan-giat-bulan-bung-karno-teladani-pemikiran-bapak-bangsa/ https://kabarnganjuk.com/pac-pdi-perjuangan-giat-bulan-bung-karno-teladani-pemikiran-bapak-bangsa/#respond Mon, 21 Jun 2021 04:58:32 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=13530 Berbek, KabarNganjuk.com- Berbagai lapisan masyarakat ikut andil dalam memperingati bulan Bung Karno. Hal yang sama juga dilakukan oleh Pengurus Anak Cabang PDI Perjuangan Kecamatan Berbek yang menggelar beberapa kegiatan untuk kembali membakar semangat Bung Karno di tengah pandemi Covid-19, Minggu (21/06/2021).

Berlangsung di kantor PAC PDI Perjuangan Kecamatan Berbek, kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Berbek Yuli Sunarto, pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nganjuk, BP-Pemilu Kabupaten Nganjuk serta dukungan dari CV. Cakra Jaya Sentosa.

Yuli Sunarto Ketua PAC Brebek menjelaskan bahwa bulan Bung Karno ini diperingati dengan menggelar kegiatan penuh suasana keagamaan seperti doa bersama, tahlil dan tahmid.

“Doa bersama ini dimulai dari makam Kanjeng Jimat yang merupakan Bupati pertama di Kabupaten Nganjuk serta para leluhur,” jelasnya.

Kegiatan tak berhenti disitu, setelah menggelar doa bersama rombongan bergeser menuju makam Bung Karno untuk berziarah dan doa bersama.

Dengan mengangkat tema “Meneladani Pemikiran, Ide, Gagasan Bapak Bangsa di Masa Pandemi Covid-19”, Yuli Sunarto berharap seluruh jajaran pengurus PAC Brebek dan kader PDI Perjuangan Kabupaten Nganjuk bisa lebih produktif.

“Pandemi ini sebenarnya adalah ujian bagi kita semua. Bagaimanapun kondisinya kita harus tetap kuat dan tangguh. Apalagi sama-sama membangun Indonesia dengan semangat dan gotong royong,” jelasnya.

Diketahui, bulan Juni lebih dikenal sebagai Bulan Bung Karno karena mengacu pada hari lahir Pancasila yang digagas oleh Bung Karno yang diperingati setiap tanggal 1 Juni.(Nur/Ir)

]]>
https://kabarnganjuk.com/pac-pdi-perjuangan-giat-bulan-bung-karno-teladani-pemikiran-bapak-bangsa/feed/ 0
Haul Bung Karno, PT. Sinta Prima Feedmill Gelar Ziarah dan Doa Bersama https://kabarnganjuk.com/haul-bung-karno-pt-sinta-prima-feedmill-gelar-ziarah-dan-doa-bersama/ https://kabarnganjuk.com/haul-bung-karno-pt-sinta-prima-feedmill-gelar-ziarah-dan-doa-bersama/#respond Mon, 21 Jun 2021 04:48:44 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=13525 Baron, KabarNganjuk.com- PT. Sinta Prima Feedmill bersama warga Desa Gebang Kerep Kecamatan Baron menggelar rangkaian acara yakni tahlil dan doa bersama dalam rangka memperingati haul Bung Karno ke-71, Minggu (21/06/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Hadi Siswanto BP Pemilu PDI Perjuangan, perwakilan PT. Sinta Prima Feedmill, pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nganjuk, pengurus PAC PDI Perjuangan Kecamatan Baron, BP-Pemilu Kabupaten Nganjuk, serta warga Desa Gebang Kerep Kecamatan Baron.

Hadi Siswanto menjelaskan bahwa rangkaian acara untuk memperingati haul Bung Karno tersebut dimulai dari kirim doa dan tahlil bersama di makam umum desa untuk mendoakan para leluhur Desa Gebang Kerep.

“Mengingat sekarang juga masih pandemi dan kegiatan dibatasi, jadi untuk tetap merayakan haul Bung Karno kita menggelar kegiatan yang sederhana tapi tidak mengurangi kekhidmatan haul Bung Karno tersebut,” pungkasnya.

Setelah menggelar kirim doa dan tahlil bersama, rombongan bergeser menuju Blitar untuk berziarah ke makam Sang Proklamator Bung Karno di Jalan Ir. Soekarno Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar.

Hadi Siswanto menambahkan, rangkaian acara ini digelar untuk meneladani serta mewujudkan buah pemikiran-pemikiran Bung Karno yang harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Banyak sekali suri tauladan yang harus kita contoh dari Bung Karno ini, karena memang kita hidup berdampingan. Nilai-nilai tersebut tentunya harus ditanamkan dalam kehidupan masyarakat Desa Gebang Kerep bersama PT. Sinta Prima Feedmil untuk kedepannya bisa terwujud.(Nur/Ir)

]]>
https://kabarnganjuk.com/haul-bung-karno-pt-sinta-prima-feedmill-gelar-ziarah-dan-doa-bersama/feed/ 0
Rakerda DPD Partai NasDem, H. Herry Widianto : Kita Harus Merapat Ke Masyarakat https://kabarnganjuk.com/rakerda-dpd-partai-nasdem-h-herry-widianto-kita-harus-merapat-ke-masyarakat/ https://kabarnganjuk.com/rakerda-dpd-partai-nasdem-h-herry-widianto-kita-harus-merapat-ke-masyarakat/#respond Sun, 20 Jun 2021 22:55:05 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=13512 Tanjunganom, KabarNganjuk.com- Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasional Demokrat Kabupaten Nganjuk menggelar rapat kerja daerah dengan mengangkat tema Penguatan Infrastruktur Partai dan Dalam Mewujudkan Pemenangan Partai NasDem Pada Pilkada 2024, Minggu (20/06/2021).

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Nganjuk H. Herry Widianto, SE, serta dihadiri Ketua DPW Partai NasDem yang diwakili oleh Bappilu Wilayah Jawa Timur Ainul Yakin, Gus Misbah, Anggota DPRD Kabupaten Nganjuk Fraksi NasDem Yogi Dirgantara, SH, Ratna Wulandari, Lilik Sulistyo, SE, Pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Nganjuk, serta Ketua DPC Partai NasDem se-Kabupaten Nganjuk beserta pengurus.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Nganjuk H. Herry Widianto, SE

Dalam sambutannya, H. Herry Widianto menjelaskan bahwa target kursi di Kabupaten Nganjuk harus tercapai minimal 9 kursi. Kabupaten Nganjuk memiliki 5 Dapil, ditargetkan per dapil bisa meraih 2 kursi.

“Untuk mencapai target itu tentunya kita harus menyiapkan bacaleg-bacaleg handal, orang-orang berpotensi dan petarung tanah. Selain itu juga harus ada dana untuk melakukan sosialisasi,” jelasnya.

Terkait target e-KTA, H. Herry Widianto berharap seluruh Ketua DPC bisa kembali merapat ke masyarakat.

“Selalu saya tanamkan ke teman-teman pengurus agar kerja, kerja dan kerja. Kita kerja tidak cukup dengan mulut, kita juga harus turun ke lapangan. Karena pemenangan kita ada di masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Ainul Yakin mengungkapkan target-target pemenangan tentunya harus didukung dengan penguatan instrumen-instrumen lain seperti struktural mulai dari tingkat DPD hingga DPRD.

“Tentunya tidak hanya mengacu pada target tetapi juga harus menjalin hubungan baik dengan tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat, warga, komunitas dan ormas harus dirangkul semua,” jelasnya.

Selain itu, selama Rakerda juga terdapat sesi tanya jawab yang masing-masing menanyakan terkait target e-KTA yang harus diselesaikan sebelum bulan November 2021 serta penguatan struktur pengurus di tingkat DPC.(Red)

]]>
https://kabarnganjuk.com/rakerda-dpd-partai-nasdem-h-herry-widianto-kita-harus-merapat-ke-masyarakat/feed/ 0
Penutupan Mahasiswa KKN Unesa, Plt. Bupati Mengaku Bangga https://kabarnganjuk.com/penutupan-mahasiswa-kkn-unesa-plt-bupati-mengaku-bangga/ https://kabarnganjuk.com/penutupan-mahasiswa-kkn-unesa-plt-bupati-mengaku-bangga/#respond Sun, 20 Jun 2021 08:31:16 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=13502 Ngronggot, KabarNganjuk.com- Sebanyak 5.162 Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari berbagai Provinsi melalui Live steam Youtube, hari ini Minggu (20/06) dilakukan penutupan Mahasiswa KKN MBKM Universitas Negeri Surabaya Tahun 2021 yang di Pusatkan di Wisata Taman Cengok Asri Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk.

Dalam penutupan tersebut dihadiri, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia & Pemberdayan Masyarakat Desa, Kemendes PDTT Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd., Plt. Bupati Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA, Rektor Universitas Negeri Surabaya, Prof. Dr. Nurhasan, M. Kes, Camat Ngronggot dan Forpimdes Cengkok, serta Mahasiswa KKN.

Dalam sambutannya Plt. Bupati Marhaen Djumadi yang merupakan alumni Unesa mengaku sangat bangga menjadi bagian dari Unesa. “Hari ini kami memberikan apresiasi kepada Unesa yang sudah 3 tahun berturut – turut ber- KKN di Kab. Nganjuk, banyak hal yang telah diberikan Unese, mulai dari proyek desa, proyek independen, kemanusiaan, entrepreneur, kewirausahan sehingga masyarakat Nganjuk merasakan betul apa yang sudah dilakukan mahasiswa selama 4 bulan di Kab. Nganjuk,” tutur Marhaen.

Kedepan, Plt. Bupati berharap kerjasama ini terus berlanjut, karena Pemerintah Daerah merasa terbantu, sehingga tidak hanya Pemerintah sendiri yang memberikan pemberdayaan masyarakat tapi juga dari kampus – kampus.

Sementara ditemui KabarNganjuk usai acara, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia & Pemberdayan Masyarakat Desa, Kemendes PDTT Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd. mengatakan penutupan KKN MBKM kali ini luar biasa, karena mahasiswa diberi kebebasan untuk melaksanakan kegiatan diluar kampus.

“Kemendes memiliki program SDGs Desa yang sangat berkaitan dengan hal – hal yang di programkan KKN, jadi saya kira akan bagus sekali kalau KKN ini disinergikan dengan SDGs Desa yang di Kemendes sehingga bisa saling berkontribusi dan mungkin sangat bermakna dalam percepatan pemberdayaan masyarakat desa, daerah tertinggal dan transmigrasi,” pungkasnya.

Terlihat dalam acar tersebut, Plt. Bupati memberika cindramata kepada Unesa dan Kemendes, selain itu Plt. Bupati juga menerima hasil produk mahasiswa KKN bersama Masyarakat berupa handsanitizer dan minuman – minuman sehat berbahan Toga (tanaman obat keluarga).

Usai acara, Plt. Bupati melanjutkan kegiatan lain dan Kemendes beserta Kepala Desa Cengkok, Camat Ngronggot dan rombongan Unesa berkeliling melihat suasana Wisata Taman Cengkok.(Nur)

]]>
https://kabarnganjuk.com/penutupan-mahasiswa-kkn-unesa-plt-bupati-mengaku-bangga/feed/ 0
Panglima dan Kapolri Apresiasi Peran 4 Pilar Tekan Kasus Corona https://kabarnganjuk.com/panglima-dan-kapolri-apresiasi-peran-4-pilar-tekan-kasus-corona/ https://kabarnganjuk.com/panglima-dan-kapolri-apresiasi-peran-4-pilar-tekan-kasus-corona/#respond Sat, 19 Jun 2021 12:20:27 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=13496 KabarNganjuk.com- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terus blusukan ke sejumlah wilayah yang tinggi penyebaran kasus Covid-19. Setelah ke Jawa Tengah dan Jawa Timur, kunjungan berakhir di RT003 RW003, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (19/6/2021).

Keduanya melihat langsung kegiatan atau langkah-langkah yang dilakukan 4 pilar (bhabinkamtibmas, babinsa, kelurahan dan puskesmas) dalam menerapkan PPKM Mikro. Turut hadir dalam kesempatan itu Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito serta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Kapolri meminta agar 4 pilar terus melakukan mapping jangan sampai ada orang masuk ke wilayah RT atau RW tidak mengenalnya. Terus lakukan pengecekan dan edukasi terhadap warga terutama dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Ada mobil dapur umum disiapkan oleh Brimob. Seandainya ada warga yang terpapar segera dibawa ke rumah sakit atau Wisma Atlet atau isolasi mandiri,” kata Sigit dalam keterangannya.

Jenderal bintang empat itu juga meminta 4 pilar untuk terus melakukan edukasi kepada warga untuk menerapkan prokes. “Apa yang dilakukan 4 pilar sudah bagus. Terus edukasi masyarakat. Jangan kendor dan patuhi prokes,” ungkap mantam Kabareskrim Polri itu.

Panglima TNI juga mengapresiasi peran 4 pilar yang telah melakukan langkah-langkah sehingga satu RT yang positif dapat dilakukan penanganan menjadi sembuh. “Kita bersyukur para petugas sudah paham dengan warganya jika ditemukan ada yang positif,” katanya.

Sumber : Sub Bagian Humas Polres Nganjuk

]]>
https://kabarnganjuk.com/panglima-dan-kapolri-apresiasi-peran-4-pilar-tekan-kasus-corona/feed/ 0
Kapolri Paparkan Langkah Selamatkan Warga dari Risiko Covid-19 di Bangkalan https://kabarnganjuk.com/kapolri-paparkan-langkah-selamatkan-warga-dari-risiko-covid-19-di-bangkalan/ https://kabarnganjuk.com/kapolri-paparkan-langkah-selamatkan-warga-dari-risiko-covid-19-di-bangkalan/#respond Sat, 19 Jun 2021 09:40:02 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=13492 Bangkalan- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau langsung penanganan Covid-19 atau virus corona di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (19/6/2021).

Dalam kesempatan itu, Sigit memaparkan soal langkah-langkah menyelamatkan warga dari risiko penyebaran virus corona yang belakangan ini melonjak pasca-libur Lebaran 2021 lalu.

“Maka yang bisa dilakukan langkah-langkah selamatkan dari resiko yaitu, menjaga masyarakat jangan sampai tertular, mencegah laju penularan, kecepatan mengetahui kasus positif atau tidak dan dilakukan vaksinasi,” kata Sigit di Gedung Serbaguna Rato Ebuh, Kabupaten Bangkalan, Madura.

Menurut Sigit, Forkompimda setempat harus bergerak cepat memaksimalkan 3T (Testing, Tracing dan Treatment). Serta mengoptimalkan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Mantan Kabareskrim Polri ini menjelaskan, dengan dilakukan percepatan temuan kasus kontak erat ataupun aktif, maka keselamatan warga dari bahaya virus corona dapat segera dihindari.

“Sayang dengan masyarakat Bangkalan bahwa beberapa waktu yang lalu telah terjadi klaster peningkatan Covid-19, terkait upaya pemerintah daerah masih ada kesulitan dalam penanganannya. Orang yang terlambat ketahuan maka risiko kematian samgat tinggi,” ucap Sigit.

Sebab itu, eks Kapolda Banten itu menekankan soal pentingnya sinergitas dengan seluruh pihak dalam penerapan PPKM Mikro di wilayah tersebut.

Selain itu, kata Sigit, upaya menyelamatkan warga dari virus corona yakni dengan proses percepatan vaksinasi seperti yang digagas oleh Pemerintah Indonesia.

“Kedepan ada vaksinasi massal dan bantu edukasi dan sosialisasi ke masyarakat untuk mau di vaksin,” ujar Sigit.

Senada, Panglima TNI juga meminta kepada seluruh pihak terkait untuk memperkuat pelacakan terhadap kontak erat maupun kasus aktif demi memutus mata rantai virus corona.

“Tugas posko PPKM Mikro ditingkat desa berbasis rt/rw, pelacakan kontak erat, pengawasan ketat isolsi mandiri, menutup tempat umum, melarang kerumunan, membatasi keluar masun rt/rw, pencatatan harian,” kata Hadi di kesempatan yang sama.

Sementara, Menkes Budi mengimbau terus kepada masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dan melakukan vaksin.

“Untuk memgurangi laju penularan, masyarakat harus tetap pakai masker, lalu 14 hari kedepan tinggal di rumah dan jangan takut di tes Swab dan jangan takut di vaksin atau suntik,” ujar Budi.

Setelah pemaparan, rombongan tersebut melakukan peninjauan langsung ke lapangan dapur umum dan melihat langsung proses vaksinasi massal di Pelabuhan ASDP, Bangkalan, Madura, dengan target seribu orang. Nantinya, warga yang usai divaksin bakal diberikan paket sembako.

 

Sumber : Sub bagian humas Polres Nganjuk.

]]>
https://kabarnganjuk.com/kapolri-paparkan-langkah-selamatkan-warga-dari-risiko-covid-19-di-bangkalan/feed/ 0
Pantau Pelaksanaan Vaksinasi, Panglima TNI dan Kapolri Pastikan Prokes Pengendalian Covid https://kabarnganjuk.com/pantau-pelaksanaan-vaksinasi-panglima-tni-dan-kapolri-pastikan-prokes-pengendalian-covid/ https://kabarnganjuk.com/pantau-pelaksanaan-vaksinasi-panglima-tni-dan-kapolri-pastikan-prokes-pengendalian-covid/#respond Fri, 18 Jun 2021 08:42:38 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=13484 KabarNganjuk.com- Didampingi Forkopimda Jawa Timur, Panglima TNI, Kapolri, Mentri Kesehatan (Menkes) dan Kepala BNPB, pantau pelaksanaan vaksinasi yang berlangsung di Ngrowo Bening, Madiun, pada Jumat (18/6/2021). Guna memastikan pelaksanaan vaksinasi dan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) pengendalian covid-19 berjalan dengan baik.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dan Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito, didampingi Forkopimda Jatim, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto dan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta,beserta Pejabat Utama Polda Jatim, melakukan pengecekan jalannya vaksinasi yang berlangsung di Ngerowo Bening, Madiun.

Panglima TNI dan Kapolri sempat berdialog dengan petugas kesehatan terkait dengan pelaksanaan Prokes yang diterapkan dalam vaksinasi ini sudah berjalan dengan baik.

Sementara vaksin yang digunakan kali ini adalah vaksin astrazeneca, dan masyarakat Madiun yang mengikuti vaksinasi sebanyak 721 orang, sedangkan yang sudah melaksanakan vaksinasi sebanyak 568 orang.

Usai melakukan pengecekan, Rombongan Panglima TNI, Kapolri, Menkes, dan Kepala BNPB serta di dampingi Forkopimda Jatim melanjutkan kunjungan ke Pos PPKM Mikro di desa Bantengan, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun.

Vaksinasi ini merupakan program Presiden RI, dalam memaksimalkan percepatan penanganan covid-19 di Indonesia, dengan meningkatkan herd immunity kepada masyarakat, dan tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat.

Sumber : Sub Bagian Humas Polres Nganjuk

]]>
https://kabarnganjuk.com/pantau-pelaksanaan-vaksinasi-panglima-tni-dan-kapolri-pastikan-prokes-pengendalian-covid/feed/ 0
HKGB Ke-69, Bhayangkari Polda Jatim Gelar Bakti Sosial Donor Darah  https://kabarnganjuk.com/hkgb-ke-69-bhayangkari-polda-jatim-gelar-bakti-sosial-donor-darah/ https://kabarnganjuk.com/hkgb-ke-69-bhayangkari-polda-jatim-gelar-bakti-sosial-donor-darah/#respond Fri, 18 Jun 2021 08:17:27 +0000 https://kabarnganjuk.com/?p=13480 KabarNganjuk.com- Dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari yang ke – 69 dan rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara ke – 75, Bhayangkari Polda Jatim melakukan kegiatan bhakti sosial donor darah yang berlangsung di Gedung Mahameru Polda Jatim. ( Jum’at, 18 Juli 2021 ).

Bahkti sosial donor darah tersebut diikuti oleh anggota Polri baik laki laki dan wanita, ASN, serta anggota Bhayangkari.
Daftar jumlah pendonor sebanyak 161 orang, namun dari jumlah tersebut yang memenuhi syarat sebanyak 72 orang sedangkan 89 orang tidak dapat diambil darahnya dikarenakan tidak memenuhi syarat.

Kegiatan donor darah tersebut dimaksudkan untuk membantu atau mengantisipasi kekurangan stok darah PMI Surabaya dimasa pandemi Covid 19, bertujuan membantu kemudahan bagi masyarakat atau para pasien yang memerlukan transfusi darah khusus di wilayah Kota Surabaya.

Akibat pandemi Covid 19, secara tidak langsung mempengaruhi psikologis masyarakat untuk menunda keinginannya bagi pendonor untuk menyumbangkan darahnya ke PMI, khusunya Kota Surabaya.

Kabidhumas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko menyatakan bahwa bhakti sosial donor darah yang dilaksanakan Bhayangkari Polda Jatim ini dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke – 69 dan rangkaian kegiatan memperingati HUT Bhayangkara ke – 75 sebagai wujud empati keluarga besar Polri kepada masyarakat khususnya Surabaya dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan akan darah bagi yang membutuhkan.

” Kegiatan donor darah ini diselenggarakan sebagai salah satu implementasi program prioritas Kapolri yaitu Polri yang Presisi dalam menyikapi antisipasi kelangkaan darah di PMI Surabaya bagi kebutuhan masyarakat “, ujar Kabidhumas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko.

Sumber : Sub Bagian Humas Polres Nganjuk

]]>
https://kabarnganjuk.com/hkgb-ke-69-bhayangkari-polda-jatim-gelar-bakti-sosial-donor-darah/feed/ 0