Sunday , November 29 2020
Home / Seni Budaya & Pariwisata / Era Modern, Alat traditional Terkikis dan Terlupakan
Lumpang kayu.

Era Modern, Alat traditional Terkikis dan Terlupakan

KabarNganjuk.com- Memasuki era yang semakin canggih dan berteknologi ini, dunia tradisional semakin menurun performanya dalam masyarakat, karena sudah jarang masyarakat menggunakan alat – alat traditional, yang sudah tergantikan dengan teknologi canggih seperti saat ini.

Pernah Ingat Lumpang kayu, Zaman dulu lumpang ini sangat bermanfaat untuk ibu – ibu dapur yang melakukan pekerjaan menumbuk. Masyarakat Jawa kuno yang hidup, telah mengenal dan menggunakan alat dapur ini untuk keperluan dalam bidang pertanian dan rumah tangga.

Lumpang merupakan alat traditional yang berfungsi untuk menumbuk, lumpang dilengkapi dengan alu sebagai penumbuknya. Alat ini digunakan untuk menumbuk padi menjadi beras, beras atau jagung menjadi tepung, dan juga digunakan untuk menumbuk kopi.

Lumpang ini berbentuk balok segi empat yang mengecil ke bawah, dengan lubang ditengahmya sebagai tempat menumbuk serta dilengkapi dengan dua buah pegangan. Memang lumpang kayu ini jarang digunakan masyarskat sekarang, dan juga sulit menemukam lumpang kayu ini, akan tetapi lumpang kayu ini masih digunakan di pelosok daerah Nganjuk sebelah utara.

“Masyakat daerah Tritik dan Rejoso masih ada yang menggunakannya, karna lumpang ini ditemukan di daerah Nganjuk sebelah utara,” Tutur Anik sebagai juru pelihara Museum.

Keberadaan alat daput zaman dahulu memang terkikis oleh zaman, sehingga suatu saat akan hilang dan tidak dikenal oleh anak cucu selanjutnya.(Ynr/Nur)

(Sumber: Museum Anjukladang, Jalan Gatot Subroto, Kecamatan/Kabupaten Nganjuk, Jawa )

Check Also

Kisah Goa Lowo, Petilasan Angkling Darmo Hingga Makam Pangeran Alif

Ngluyu, KabarNganjuk.com- Goa Margotrisno atau Goa Lowo yang terletak di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *