Dikeramatkan, Warga Dusun Kedung Celeng Gelar Bersih Desa di Punden

  • Bagikan
Warga berkumpul di punden

Gondang, KabarNganjuk.com- Pemerintah Desa Ketawang Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk menggelar kegiatan nyadran atau bersih desa sebagai wujud syukur atas panen yang melimpah dan keselamatan, Rabu (23/06/2021).

Sekira pukul 07.00 WIB, nampak warga berbondong-bondong membawa ambeng (nasi kabuli, red) yang telah disiapkan dari rumah. Warga Dusun Kedung Celeng antusias mendatangi Punden Mbah Sambi Kendil yang dikeramatkan karena diyakini sebagai sesepuh dusun pada jaman dahulu.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Desa Ketawang Iswantoro beserta perangkat didampingi Babinkamtibmas dan Babinsa serta warga Dusun Kedung Celeng.

Terkait pemilihan hari Rabu Kliwon sebagai puncak acara kegiatan nyadran, Kepala Desa Ketawang Iswantoro menjelaskan bahwa dahulu cikal bakal atau yang babat Dusun Kedung Celeng Desa Ketawang adalah eyang Sambi Kendil.

“Jadi kita selalu melaksanakan syukuran sehabis panen raya dan bertepatan dengan hari rabu kliwon sehingga tradisi tersebut turun- temurun sampai sekarang,” jelasnya.

“Menurut mitos masyarakat Dusun Kedung Celeng dengan mengadakan sedekah bumi ini mereka yakin akan mendapatkan panen yang melimpah ruah karena merasa mendapat jangkungan atau restu dari yang mengku dusun yang dalam bahasa jawa dikenal dengan Danyang,” tambah Iswantoro.

Sementara, Sesepuh Dusun Kedung Celeng Nomo Jenggot juga membenarkan bahwa tradisi tersebut sudah turun temurun meneruskan tradisi leluhur dan telah menjadi kewajiban untuk nguri-uri budaya jawa.

Iswantoro berharap, warga Dusun Kedung Celeng bisa tetap nguri-uri budaya jawa atau tetap melaksanakan tradisi leluhur walau dimasa pandemi tentunya menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.(Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *