Saturday , March 20 2021
Home / Politik & Pemerintahan / Dengan Tegas, Wabup Marhaen Tolak Impor Beras
Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi.

Dengan Tegas, Wabup Marhaen Tolak Impor Beras

KabarNganjuk.com- Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menyesalkan sikap Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yang sepertinya ngotot impor beras dan garam, dan mengabaikan koordinasi dengan jajaran kementrian terkait, termasuk para Kepala Daerah yang menjadi sentra produksi pangan.

“Basis kekuatan utama Pemerintah adalah rakyat. Rakyat sebagai sumber legitimasi kekuasaan pemerintahan negara. Karena itulah menteri sebagai pembantu presiden, di dalam mengambil keputusan politik, harus senafas dengan kebijakan politik pangan presiden dan berupaya mewujudkan kedaulatan pangan nasional serta berpihak pada kepentingan petani,”  ujarnya, Sabtu (20/03).

Sikap ngotot yang ditunjukkan Menteri Perdagangan tersebut sangat disesalkan. “Menteri harus belajar dari kepemimpinan Presiden Jokowi yang selalu membangun dialog, menyerap aspirasi, mengemukakan data-data yang obyektif, baru mengambil keputusan. Menteri tidak hidup di menara gading sebab ia adalah pengemban tugas sebagai pembantu presiden,” ungkapnya.

Seharusnya menteri melakukan komunikadi dengam asosiasi petani, para pakar di bidang pertanian dan para kepala daerah. “Politik pangan nasional adalah politik pangan berdikari. Indonesia memiliki keanekaragaman pangan yang luar biasa. Konsolidasi peningkatan produksi pangan atas keunggulan kenaekaragaman pangan nusantara. Sebab persoalan pangan adalah persoalan mati hidupnya negeri,” imbuh Wabup.

Wabup Marhaen menegaskan jangan korbankan petani oleh kepentingan impor sesaat yang di dalamnya sarat dengan kepentingan apalagi di Nganjuk musim panen, yang biaya produksi (bibit, pupuk, tenaga kerja, uang sewa/operasional tinggi) dan kalau dijual murah sangat merugikan petani di Nganjuk, suara orang kecil, seorang petani yang 3 bulan baru panen tentunya agak rugi banyak.

Pemerintah harusnya pro terhadap petani yang notabene menyokong ekonomi Nasional, apalagi di Nganjuk, penyokong PDRB Kab.Nganjuk berasal dari sektor pertanian demi kesejahteraan petani, dengan tegas Marhaen Wabup Nganjuk Tolak Impor Beras yang merugikan rakyat kecil utamanya petani.(Red)

Check Also

Ir. Mindo Sianipar, Petani dan Penyuluh Harus Saling Berkoordinasi

Nganjuk, KabarNganjuk.com- Kebutuhan pupuk bagi para petani nampaknya menjadi fokus tersendiri bagi penyuluh. Penyuluh diharapkan mampu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *