Monday , January 25 2021
Home / Koperasi & UKM / Dekopinda Kab. Nganjuk Gelar Musda, Eko Samudro Terpilih Sebagai Ketua
Ketua Dekopinda Kab. Nganjuk Eko Samudro (kanan), Perwakilan Dekopinwil Jatim R. Nugtoho (kanan).

Dekopinda Kab. Nganjuk Gelar Musda, Eko Samudro Terpilih Sebagai Ketua

KabarNganjuk.com- Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Nganjuk menggelar Musyawarah Daerah (Musda) Tahun 2020 dan Pelantikan Pengurus Dekopinda Kabupaten Nganjuk masa bakti 2020 – 2025 di Gedung Wisma Koperasi Jl. Raya Madiun-Nganjuk, Desa Kedondong, Kec. Bagor, Kabupaten Nganjuk, Sabtu (19/12).

Musda yang dibuka Oleh Agus Frihannedy Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro ini, dihadiri Tatit Heru Tjahjono Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Perwakilan Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Jawa Timur R. Nugroho, dan Seluruh anggota Dekopinda Kab. Nganjuk.

Pengurus Dekopinda Kab. Nganjuk.

Terpilih sebagai Ketua Dekopinda Kab. Nganjuk Eko Samudro mengatakan rencana kerja tahun 2021, pihaknya akan melakukan pembinaan kepada seluruh koperasi yang ada di Kabupaten Nganjuk terutama kepada para pengurus.

Dirinya berharap dari 800 koprasi yang aktif dalam Dekopinda Kab. Nganjuk ini bisa saling bersinergi, antara Koperasi simpan pinjam, KUD, Koperasi Konsumen maupun Koperasi Wanita, “Kita harus segara bangkit, muncul menjadi icon yang mendukung kegiatan perekonomian di Usaha Mikro dan Kecil,” ujarnya.

Pembina Dekopinda Kab. Nganjuk Muhaimin.

Pada kesempatan yang sama, Muhaimin selaku Pembina Dekopinda Kab. Nganjuk juga menyampaikan yang pertama, pada prinsipnya Dekopinda didalam melakukan pembinaan kepada anggota Koperasi, kita melihat dari aspek managemen, salah satunya adalah cara memanage koperasi secara baik dan benar, karena biasanya koperasi itu, sisi lemahnya ada di managerial, jadi inilah yang kita upayakan agar koperasi benar – benar memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Standar Operasional Managemen (SOM).

“Yang kedua faktor amanah seorang pengurus koperasi yang sudah terpilih dalam rapat anggota, dia harus benar – benar melaksanakan amanah sesuai apa yang telah diputuskan oleh anggota, didalam rapat anggota itu mengeluarkan dan memutuskan produk – produk antara lain progam kerja, angaran pendapatan dan belanja koperasi, ini adalah dasar pengurus untuk melaksanakan kegiatan baik secara umum maupun organisasi,” ungkapnya.

“Dengan adanya hal itu koperasi diharapkan menjadi sebuah badan usaha yang kuat dan memenuhi standart dari pada perusahaan, dan ini harus dimulai dari sekarang,” imbuhnya.

Dirinya berharap kepada pengurus Dekopinda baru, yang rata – rata masih mudah harus lebih energic, lebih bisa mendimanisir gerakan koperasi di Kab. Nganjuk untuk menumbuhan sebuah usaha, kita harus benar – benar bersinegi dengan Pemerintah, menjadi koperasi yang handal baik di tingkat Nasional, Regional maupun Kabupaten. Mari amanah yang diberikan pada 5 tahun kedepan, supaya dilaksanakan dengan sebaik – baiknya, saya sebagai mantan Ketua Dekopinda akan bersama anda semua untuk bisa melakukan bagaimana sinergitas antara Pemerintah dengan Dekopinda, sama – sama mendorong koperasi, membina koperasi untuk menjadi koperasi yang sehat. Sehat organisasinya, sehat usahanya dan sehat permodalanya,” Pungkas Mantan Ketua Dekopionda Kab. Nganjuk ini. (Bs/Nur)

Check Also

Suparlan, Kemandirian Petani Harus Terwujud

Rejoso, KabarNganjuk.com- Kemandirian petani harus benar – benar terrealisasi tidak hanya menjadi jargon dan isapan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *