Beri Pembekalan Pada Finalis Duta Genre, Ini Pesan Yuni Shopia

  • Bagikan

Nganjuk, KabarNganjuk.com- Bunda Genre Nganjuk Yuni Rahman Hidayat memberikan pembekalan kepada sepuluh pasang finalis Duta Generasi Berencana (Duta Genre) Kabupaten Nganjuk. Kegiatan tersebut berlangsung di Dinas PPKB Kabupaten Nganjuk pada Rabu, (24/03/2021).

Kegiatan yang dimoderatori oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Nganjuk, Dra. Widyasti Sidhartini, M.Si itu, Yuni Shopia membagikan materi tentang penyiapan kehidupan berkeluarga bagi Remaja.

Yuni Shopia saat memberikan materi

Yuni Shopia yang juga memiliki pengalaman menikah di usia muda ini mengatakan bahwa dirinya tidak hanya memberikan materi namun juga berbagi pengalaman bagaimana menikah di usia muda.

“Saya menikah saat itu usia 19 tahun dan usia Mas Novi 23 tahun. Namun saat itu pemerintah belum menetapkan usia minimal menikah, yang sekarang ini diketahui minimal usia pernikahan adalah perempuan 21 tahun dan laki-laki 25 tahun,” jelasnya.

Yuni Shopia juga memberikan materi terkait Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja. Isi materi tersebut diantaranya adalah karakteristik remaja yang mulai merasakan jatuh cinta, memiliki semangat tinggi, rasa ingin tahu tinggi, emosi tidak stabil, senang berkumpul dengan teman sebaya, dan memiliki ego tinggi.

“Ancaman-ancaman bagi remaja, perilaku negative yang sering muncul, pentingnya pembinaan bagi remaja agar terbangun ketahanan keluarga dan keluarga yang berkualitas,” tambahnya.

Selain itu, dirinya turut memberikan 10 kesiapan untuk berkeluarga, diantaranya kesiapan usia, financial, fisik, mental, emosi, ketrampilan moral, intelektual , hidup, hingga sosial dan interpersonal.

“Nikah jangan hanya modal cinta, namun harus sanggup menerima konsekuensi dari pernikahan dan bertanggungjawab atas pilihan,” pesan Yuni Shopia.(Hms/Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *