Friday , February 26 2021
Home / Pertanian & Perkebunan / Berdayakan Petani Hutan, Perhutani Tanam Pohon Kelor
Administratur Jombang Muklisin

Berdayakan Petani Hutan, Perhutani Tanam Pohon Kelor

Nganjuk, KabarNganjuk.com- Semakin hari kondisi lahan hutan semakin kritis. Kurangnya sosialisasi kepada masyarakat sekitar hutan menjadikan lahan hutan kurang produktif. Bahkan, berbagai program kegiatan penghijauan dianggap hanya formalitas dan tidak jelas target pencapaiannya.

Administratur KPH Jombang Muklisin mengatakan bahwa pihaknya kini tengah menata program penghijauan dengan berbasis pada kemandirian petani hutan. Seperti salah satunya merubah mindset petani yang semula menebangi pohon hutan menjadi pelestari hutan.

“Kita pilihkan tanaman konservasi yang bisa panen cepat dan berkali-kali serta memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Maka tanaman kelor menjadi pilihan kita,” pungkasnya.

“Kita akan mengedukasi petani bagaimana bertanam organik kemudian kita fasilitasi penjualan daun dan olahan kelornya. Pohon kelor ini di tanam di Petak 56 RPH Ngujung, BKPH Ngujung Barat, KPH Jombang,” tambah Muklisin.

Dirinya juga menjelaskan, banyak petani dan masyarakat yang bisa diberdayakan dari program ini terutama di bagian pritil atau lorot daun kelor. Rata-rata perhari bisa menghasilkan 30 ribu setelah di panen atau di pritil daunnya.

Tanaman kelor

“Proses selanjutnya adalah mencuci daun kelor kemudian proses pengeringan. Proses pengeringan ini menggunakan alat seperti penetas telur dengan pengaturan suhu stabil 35 derajat celcius selama 24 jam dengan kapasitas produksi 10 Kg daun basah menjadi 2 Kg daun kering,” ucap Muklisin.

Diketahui, manfaat dari program kelor ini adalah hutan menjadi hijau dan lestari, tanaman hutan terjaga, pendapatan ekonomi meningkat serta bisa mencegah bencana banjir dan tanah longsor. (Red)

Check Also

Kumpulkan Pundi-Pundi Rupiah, Ini Kisah Petani Organik Di Nganjuk

Pace, KabarNganjuk.com- Subsidi pupuk yang berkurang hingga 50 persen lebih membuat pupuk sulit ditemui di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *