Sunday , November 29 2020
Home / Jajah Deso Milangkori / Bangun 5 Sumur Bor, Kecamatan Ngluyu Tak Lagi Kekurangan Air Bersih
Sumur bor di Dusun Puncu Desa Gampeng Kecamatan Ngluyu

Bangun 5 Sumur Bor, Kecamatan Ngluyu Tak Lagi Kekurangan Air Bersih

Ngluyu, KabarNganjuk.com- Sudah bukan menjadi rahasia umum, apabila setiap musim kemarau Kecamatan Ngluyu selalu kekurangan air bersih dan melakukan droping air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mengetahui hal tersebut, Pemerintah Kecamatan Ngluyu berupaya keras dengan menggandeng beberapa pihak untuk melakukan pembangunan 5 sumur bor.

Camat Ngluyu Sudjito menjelaskan bahwa mulai tahun 2020 sudah dibangun 5 titik sumur bor yang terletak di 3 Desa. Ketiga Desa tersebut adalah Desa Gampeng, Desa Lengkonglor, dan Desa Tempuran. Sehingga, kini di wilayah Kecamatan Ngluyu sudah tidak kekurangan air bersih lagi.

Camat Ngluyu Sudjito

“Di Desa Gampeng sendiri ada 2 Dusun yang kekurangan air. Yaitu Dusun Glidah dan Dusun Puncu. Namun setelah dibangun sumur bor, sekarang 2 Dusun tersebut sudah tercukupi air bersih. Adapun pembangunan sumur bor tersebut dari Anggaran APBD Kabupaten Nganjuk Tahun 2019 dan Anggaran Dana Desa Tahun 2019,” jelasnya.

Sudjito menambahkan bahwa pembangunan sumur bor di Dusun Glidah memiliki kedalaman kurang lebih 105 meter yang dialirkan menjadi satu aliran dengan sumber alam Sendang Sedati. Sumur bor tersebut telah memenuhi kebutuhan air bersih di Dusun tersebut dengan jumlah pengguna kurang lebih 260 Kepala Keluarga.

Sumur bor yang terletak di Dusun Glidah Desa Gampeng Kecamatan Ngluyu

“Untuk sumur bor di Dusun Puncu memiliki kedalaman kurang lebih 100 meter yang dijadikan satu dengan Sendang Cungkup yang pipanisasinya dibangun dengan sumber dana dari PAMSIMAS (Program Nasional Penyediaan Air Minum) Tahun 2020 dan dapat memenuhi kebutuhan air kurang lebih 205 Kepala Keluarga,” tambah Sudjito.

Sedangkan di Desa Lengkorlor ada 1 Dusun yaitu Dusun Gurid yang kini sudah tidak kekurangan air bersih. Pembangunan sumur bor tersebut bersumber dari anggaran memiliki kedalaman 105 meter dan dapat memenuhi kebutuhan air bersih kurang lebih 65 Kepala Keluarga.

Sumur bor yang terletak di Dusun Gurid Desa Lengkonglor Kecamatan Ngluyu

“Kalau di Desa Tempuran juga ada 1 Dusun yaitu Dusun Talun Sambi yang di bangun 2 sumur bor. 1 titik sumur bor tersebut dibangun dari APBD melalui Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk Tahun 2019 dengan kedalaman 100 meter dan dapat memenuhi kebutuhan air sebanyak 200 Kepala Keluarga,” pungkasnya.

Dirinya menambahkan, 1 titik sumur bor lainnya dibangun dari anggaran PAMSIMAS 2020 dengan kedalaman 100 meter yang dapat memenuhi kebutuhan air bersih kurang lebih 100 Kepala Keluarga. “Saya berharap dengan adanya sumur bor ini Kecamatan Ngluyu sudah tidak kekurangan air  bersih lagi,” kata Sudjito.(Red)

Check Also

Germanorsate, Camat Ngluyu Lestarikan tradisi Susuk Wangan

Ngluyu, KabarNganjuk.com- Gerakan masal normalisasi irigasi tersier, Gemanorsate program Kementrian Pertanian melalui Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *