Saturday , March 20 2021
Home / Jajah Deso Milangkori / Dumbleg, Jajanan Khas Nganjuk Mulai Diminati Pembeli

Dumbleg, Jajanan Khas Nganjuk Mulai Diminati Pembeli

Gondang, KabarNganjuk.com- Dumbleg merupakan jajanan khas Nganjuk yang hanya bisa di temukan Kec. Gondang kab. Nganjuk kini mulai diminati pembeli.

Menurut Jiyuk warga Dusun Ngemplak Desa Gondang Kecamatan Gondang, salah satu pembuat dumleg ini, mengatakan bahwa resep dumleg yang di buatnya adalah warisan dari neneknya Mbah Siah yang kemudian di turun kan ke ibunya Paijem dan sekarang diturunkan ke dirinya, Minggu, (07/03).

Jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras, santan, gula jawa dan dibungkus dengan pelepah pinang ini, tidak bisa tahan lama sehingga Jiyuk hanya membuat dumleg sesuai pesanan dan pada hari tertentu yang dijajakan di pasar gondang.

Proses pembuatnya pun juga tidak gampang, sebelum membuat adonan, Jiyuk terlebih dahulu menyiapkan bungkus dumbleg yaitu dengan pelepah pinang yang harus di rendam semalam yang kemudian dicuci bersih dan di jahit.

Stan di Alun – Alun Nganjuk.

Kemudia ia baru bisa membuat adonan, dan dimasukakn ke bungkus pelebah pinang yang sudah dijahit tadi dan dikukus selama 3 jam.

Namun untuk terus melestarikan jajanan ini, jiuk menjajakan dumbleg di media sosial, di Pasar Gondang dan membuka stan kecil di Alun – Alun Nganjuk pada hari Minggu.

Untuk menarik perhatian pembeli, Jiyuk menyediakan tiga varian rasa yakni, original dengan citarasa yang gurih, gula merah, dan pandan.(Nur)

Check Also

Pemdes Kampungbaru Salurkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Longsor

Tanjunganom, KabarNganjuk.com- Bantuan untuk warga terdampak bencana longsor yang terjadi di Dusun Selopuro Desa Ngetos …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *